Designer umur 40 tahun apa kabar?

Dwinawan
Insight
Published in
3 min readApr 11, 2019

Kemaren saat browsing di designernews.co melihat satu judul diskusi yang cukup menarik “Designers who are 40 plus, how are you…”
Link Original 👉 Klik Disini

Diskusi berawal dari seseorang yang membuka pertanyaan untuk para designer yang telah berumur 40 tahun, bagaimana rencana karir kedepan nya?. Jika belum menempati posisi lead atau director, apakah berkeinginan untuk mengejarnya? atau tetap nyaman pada posisi saat ini?.

Terdapat beberapa jawaban menarik, diantaranya…..

1. Terus mendesign

“Tahun depan saya berumur 40 tahun dan saya belum berencana untuk pensiun. Pensiun tidak masuk dalam rencana hidupku. saya adalah praktisi di bidang UX dan terkadang mendesain UI. saya tidak berkeinginan untuk memimpin sebuah team.

saya suka dengan apa yang saya lakukan saat ini dan berusaha untuk lebih baik setiap hari nya”

2. Sedang merencanakan

“Saya berumur 40 tahun, dan telah bekerja remote sejak tahun 2007. Saya belum yakin sepenuhnya dengan rencana saya kedepan, tetapi mungkin saya akan berencana untuk men-delegasikan sebagian tugas saya (me-manage sebuah team) dan melakukan investasi.

Saya pikir terlalu picik jika pada usia seperti saya (40 tahun) tidak mulai memikirkan bagaimana karir Anda berakhir. Kita harus punya rencana.”

3. Sudah memiliki rencana

“Saya berumur 46 tahun, seorang Creative Director di sebuah perusahaan. Mengenai rencana kedepan, sepertinya posisi management adalah opsi yang bagus.

Selain itu saya juga selalu memikirkan tentang investasi. Saya dan Istri saya membeli sebuah rumah, 17 tahun yang lalu dengan harga $250.000 dan kini berharga lebih dari $900.000 , jadi menurut saya itu investasi yang bagus.

Saya berpikir untuk menambah investasi properti dalam 2 atau 3 tahun kedepan.”

4. Lebih banyak waktu dengan keluarga

“Saya berusia 41 tahun, bekerja sebagai Lead Product Designer di sebuah perusahaan.

Saya belum memiliki rencana yang pasti untuk 20 tahun ke depan. Banyak hal bisa berubah sampai saat itu tiba.

Yang pasti, saya ingin meningkatkan kemampuan saya dalam hal desain, karena itu merupakan investasi. Dan mengamati apa saja perubahan yang terjadi pada industri desain ini untuk membantu saya mengambil langkah selanjutnya.

Saya berpikir untuk mencoba “Solo-preneur” sambil berusaha menemukan cara untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan keluarga.

Kita akan lihat kemana arahnya :)”

5. Membuat konten

“Saya berusia 36 tahun dan saat ini sedang membangun channel Youtube yang membahas tentang design.

Saya telah bekerja di industri design dari tahun 1995 hingga 1999. Dan 10 tahun terakhir saya lebih fokus mengajar.

Saat ini, rencana saya adalah terus mengembangkan personal brand dengan membuat konten konten yang disukai oleh banyak orang.

Jika saya memainkan kartu saya dengan benar, saya bisa pensiun sesuai dengan keinginan saya.

Tapi saya sangat mencintai bidang ini. Saya tidak melihat diri saya berhenti dari bidang ini. Mungkin hanya sedikit melambat. Tapi kita lihat saja…”

Untuk temen temen yang tertarik mengikuti perbincangannya, bisa langsung menuju ke link berikut 👉 https://www.designernews.co/stories/101821-designers-who-are-40-plus-how-are-you

Saya sendiri apa kabar?

Saya berusia 31 tahun saat ini, dan mengenai rencana kedepan, masih belum berubah. Mendirikan sekolah design.

Kenapa ngebet banget mendirikan sekolah design?

Bagi saya, design merupakan life changing. Dari aspek ekonomi maupun pengalaman hidup. Saya pengen memiliki sekolah design yang nyaman, dimana banyak orang bisa belajar design dengan mendalam, dan merasakan life changing seperti yang saya rasakan.

Semoga bermanfaat :)

--

--

Dwinawan
Insight

Co-Founder Paperpillar • UI Designer • Love to create design exploration on dribbble.com/dwinawan • Have a question? find me on twitter.com/dwinawan_