Gamification pada produk digital (App, Website)

Sebelum membahas pengertian gamification, saya akan memberikan contoh beberapa aplikasi yang saya gunakan dan terdapat gamification di dalamnya.

Kata kunci gamification adalah “Memotivasi User


1. Instagram

Setelah mengupload foto dan mendapatkan likes, saya akan merasa senang. Mengetahui jumlah likes juga merupakan kesenangan yang lain. 70 Likes, lumayan senang. Lebih dari 100 likes sangat senang.

Jujur, Likes adalah salah satu faktor yang memotivasi saya untuk mengupload foto di Instagram. Faktor yang lain adalah membagikan foto, cerita dan membuat feed terlihat bagus.

Dimana letak gamification nya? Yup, betul… fitur “Likes”

2. Nike Run

Pada aplikasi Nike Run, terdapat 7 level pelari. Mulai dari Yellow (bagi yang baru mulai menggunakan aplikasi) hingga Volt (bagi yang telah menempuh 15.000 km)

Saat ini posisi saya baru di level Green. Terdapat juga progress bar untuk mengetahui seberapa jauh saya dengan level berikutnya.

Di situ tertulis, untuk naik ke level selanjutnya saya harus berlari 149,4 km lagi. Dan mengetahui informasi ini memotivasi saya untuk terus berlari setiap hari sambil menggunakan aplikasi ini, agar semakin mendekati level selanjutnya.

Jadi, dimana letak gamification nya? Yup, betul… fitur “Run Levels”

Sampai disini Anda pasti sudah paham apa itu gamification.

Gamification pada produk digital berfungsi untuk memotivasi user agar selalu menggunakan produk digital tersebut.

Dengan adanya Likes di Instagram membuat motivasi tersendiri untuk mengupload foto.

Dengan adanya fitur run levels di aplikasi Nike Run, menjadi motivasi untuk terus berlari dengan menggunakan aplikasi tersebut.


Contoh lain dari website yang menggunakan gamification adalah Khan Academy.

Khan Academy menggunakan badges sebagai gamification nya. Bahkan mereka membuat sebuah halaman untuk menjelaskan tiap badges nya


Jika kamu menemukan gamification yang unik pada sebuah produk digital, boleh di share di kolom komentar, agar semakin banyak referensi mengenai gamification pada produk digital.

Terima kasih :)