Karakteristik user di negara berkembang yang perlu kalian tahu.

Arnold Saputra
May 16 · 3 min read
Photo by Rangga Cahya Nugraha on Unsplash
  1. Kecepatan internet lambat ,tidak stabil dan harga paket data mahal.
  2. Smartphone mereka biasanya memiliki kapasitas hard disk 16GB. (4GB’an lebih udah di ambil Android OS jadi kira-kira tinggal 11 GB’an lah ).

FB Lite adalah pelopor aplikasi enteng untuk di negara berkembang. Selain FB banyak loh apliaksi Lite lainnya, contohnya LINE. Hayo ada apa app apa lagi yang punya versi LITE?
Tampilan Aplikasi Youtube Go

1. Smartphone adalah komputer pertama user.

Banyak user di negara berkembang belum pernah menggunakan komputer. Youtube Go memiliki desain navigasi yang sangat sederhana dan tidak ada navigasi menggunakan gestur. Semuanya opsi bisa di lihat oleh user (tidak ada hidden navigation) dan pilihannya pun hanya sedikit. Saat ada error pun Youtube Go menggunakan ilustrasi dan penjelasan yang sangat sederhana.


2. Kecepatan internet lambat ,tidak stabil dan harga paket data mahal.

Saat ingin memainkan video di Youtube Go, user diberi pilihan untuk memainkan video (play) atau mendownloadnya. Saat tidak ada koneksipun user bisa Youtube Go akan memasukan video di daftar download dan akan mendownload bila ada koneksi Wifi / mobile.


3. Smartphone mereka biasanya memiliki kapasitas hard disk 16GB.

Ukuran APK dari Youtube Go sangat amat kecil ( hingga 1/4 ukuran size Youtube). Saat ingin mendownload video, Youtube Go memperlihatkan ukuran file video yang bisa di download user ada 3 jenis yakni; Basic, Standard dan High Quality.

Tampilan Youtube Go untuk memilih kualitas video dan sharing video tanpa internet (pakai bluetooth).



Insight

UI, UX, Bisnis Design

Arnold Saputra

Written by

🏝 UI/UX designer | Fearless Multimedia designer | Design Leadership | Still learning 🏝 — https://about.me/arnoldsaputra

Insight

Insight

UI, UX, Bisnis Design