Membuat Case Study — Bagian 4: Mengasumsikan Kebutuhan User

Dwinawan
Insight
Published in
2 min readMay 20, 2020

Pada langkah sebelumnya, kita telah membahas mengenai cara mendapatkan poin poin kesulitan user, diantaranya adalah sebagai berikut

😭 Poin Kesulitan — 1

User harus mencari tempat yang bisa digunakan untuk resepsi di Internet atau menanyakan ke teman teman nya. Dan itu cukup memakan waktu. Karena dalam waktu 2 jam, belum tentu menemukan informasi tempat.

😭 Poin Kesulitan — 2

Ketika mendapatkan suatu tempat, user harus mendatangi satu persatu tempat untuk mendapatkan kontak pengelola , mengetahui harganya, mengetahui bentuk tempatnya, mengetahui kapasitas nya, dan juga tanggal ketersediaannya.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah membayangkan kamu berada di posisi mereka.

Jika kamu mengalami masalah tersebut, apa yang kamu butuhkan untuk mempermudah menghadapi kondisi tersebut.

Dan berikut adalah asumsi mengenai kebutuhan user

😭 Poin Kesulitan — 1

User harus mencari tempat yang bisa digunakan untuk resepsi di Internet atau menanyakan ke teman teman nya. Dan itu cukup memakan waktu. Karena dalam waktu 2 jam, belum tentu menemukan informasi tempat.

😍 Kebutuhan User — 1

Sebagai user, saya membutuhkan informasi secara cepat tempat mana saja yang bisa digunakan untuk melangsungkan resepsi.

😭 Poin Kesulitan — 2

Ketika mendapatkan suatu tempat, user harus mendatangi satu persatu tempat untuk mendapatkan mengetahui harganya, mengetahui bentuk tempatnya, mengetahui kapasitas nya, dan juga tanggal ketersediaannya.

😍 Kebutuhan User — 2

  • Sebagai user, saya ingin mengetahui tanggal ketersediaan tempat tersebut, Jika tempat tersebut telah penuh maka saya bisa mencari tempat lain.
  • Sebagai user, saya ingin melihat foto foto detail tempat tersebut sebelum men-survey nya.
  • Sebagai user saya ingin mengetahui informasi luas tempat tersebut, sehingga bisa memperkirakan berapa jumlah tamu yang bisa ditampung.
  • Sebagai user, saya ingin mengetahui informasi harga tempat tersebut. Jika tempat itu di luar budget, saya bisa mencari tempat lain.
  • Sebagai user, saya ingin mengetahui lokasi tempat tersebut, Jika tempat tersebut terlalu jauh untuk didatangi oleh para tamu undangan, saya bisa mencari tempat lain.

Selanjutnya?

Setelah mengasumsikan kebutuhan user, pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang solusi yang tepat berdasarkan kebutuhan user diatas

--

--

Dwinawan
Insight

Co-Founder Paperpillar • UI Designer • Love to create design exploration on dribbble.com/dwinawan • Have a question? find me on twitter.com/dwinawan_