Membuka Pertanyaan di tengah menyampaikan materi

Intro

Beberapa kali saya diundang untuk mengisi acara mengenai design. Dan tentu saja saya menyampaikan materi yang berhubungan dengan design.

Mulai dari materi tentang pengenalan UI/UX, materi tentang pengenalan Usability Testing, materi tentang design thinking ataupun materi tentang tips pembuatan UI.

Saat mengisi acara mengenai design di Jogja

Menyiapkan Slide

Saat mempersiapkan slide, saya biasa menggunakan aplikasi sketch. Berikut adalah salah satu slide yang saya buat untuk acara pengenalan tentang UI/UX

Biasanya saya membagi slide menjadi beberapa bagian. Saya namakan bagian bagian tersebut Part 1, Part 2, Part 3 dan Part 4.


Kenapa saya membagi menjadi beberapa bagian?

Karena saya berencana untuk membuka sesi pertanyaan setiap menyelesaikan satu bagian slide.


Kenapa saya membuka pertanyaan di tengah menyampaikan materi?

Karena menurut saya itu adalah cara yang efektif dalam menyampaikan materi.

Jika ada peserta yang merasa kebingungan setelah saya menyampaikan materi di part 1, Ia bisa bertanya mengenai kebingungan tersebut. Sehingga ketika saya melanjutkan ke Part 2, peserta bisa lebih menerima materi karena sudah tidak ada lagi kebingungan di materi sebelumnya.


Ada Tips menjawab pertanyaan?

Ada 3 hal yang selalu saya pegang saat menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab:

  1. Jika saya menerima pertanyaan, dan saya pernah mengalami nya. Maka saya akan menceritakan pengalaman saya. Karena menceritakan pengalaman merupakan jawaban yang enak untuk didengar dan sangat practical atau mudah untuk dicontoh atau di aplikasikan.
  2. Jika saya menerima pertanyaan, dan saya belum pernah mengalami nya dan hanya mengetahui teori nya saja. Maka saya akan bilang kalau saya belum pernah mengalaminya dan saya akan menceritakan tentang teori tersebut dan memberikan contoh dari pengalaman orang lain (Maka dari itu saya sangat suka membaca buku biografi)
  3. Jika saya menerima pertanyaan, dan saya belum pernah mengalaminya dan belum mengetahui teori nya. Maka saya akan bilang bahwa saya belum bisa menjawab pertanyaan tersebut. Karena akan lebih baik jujur daripada harus mengarang jawaban

Semoga bermanfaat :)