Mencatat Pengalaman Kerja

Dwinawan
Insight
Published in
2 min readAug 4, 2018

Suatu siang di Jakarta, 3 tahun yang lalu, Waktu itu saya sedang mengerjakan design dashboard. Tepatnya adalah halaman untuk mengatur beberapa komponen di dashboard. Di halaman tersebut saya membuat beberapa efek transisi yang cukup kompleks.

Setelah teringat dengan waktu development yang sangat mepet, saya berkonsultasi dengan salah satu developer mengenai efek transisi yang barusan saya bikin.

Saya berasumsi bahwa developer tersebut pasti akan menolak mentah mentah penggunaan efek transisi tersebut.

Setelah melihat efek transisi tersebut, Dia berkata “Coba kamu jelaskan keuntungan penggunaan efek transisi seperti ini? , Jika memang itu akan membantu user dalam menggunakan halaman ini, sesulit apapun akan aku implementasikan”

Suatu sore di Jakarta, 3 tahun yang lalu, Saat itu saya dan teman saya sedang menunggu waktu untuk meeting pembahasan fitur baru. Teman saya bercerita bahwa dulu pernah mengerjakan suatu project dan proses nya sangat lama, lebih dari perkiraan waktu awal.

Akhirnya, ia memutuskan untuk menghentikan project tersebut, lalu mengajak semua orang yang terlibat untuk membahas apa faktor utama penyebab project tersebut berjalan sangat lama.

Dia berkata pada saya “Ketika kamu mengerjakan suatu project, dan project tersebut tidak berjalan lancar, jangan lanjutkan. Berhenti sejenak… cari tahu masalah utamanya, temukan solusinya baru lanjutkan project nya”

Saya bersyukur pernah bekerja di Jakarta sehingga bisa mendapatkan banyak cerita, dan saya juga bersyukur bahwa dulu saya berinisiatif untuk mencatat cerita tersebut di buku catatan, sehingga saya bisa menuliskan cerita tersebut disini.

Bawa selalu buku catatan dan pena mu. Cobalah untuk mencatat setiap pengalaman kerja yang kamu alami.

Suatu hari, ketika kamu atau temanmu mengalami kondisi yang sama, kamu bisa kembali mengingat pengalamanmu yang lalu dengan mudah.

Dan pelajaran atau solusi di masa lalu bisa kamu coba terapkan pada kondisi saat ini.

Seseorang berkata… Ikatlah ilmu dengan tulisan.

Karena pengalaman adalah pelajaran yang sangat berharga, maka catatlah :)

--

--

Dwinawan
Insight

Co-Founder Paperpillar • UI Designer • Love to create design exploration on dribbble.com/dwinawan • Have a question? find me on twitter.com/dwinawan_