Passive Income untuk seorang designer


Apa itu passive income?

Bayangkan Anda tidur sepanjang hari, lalu uang mengalir terus ke rekening Anda. Itulah passive income, sesuatu yang membutuhkan effort di depan, tetapi setelah itu… Anda tinggal bersantai santai dan uang akan mengalir terus.

Jadi, apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang designer untuk memiliki passive income?. Berikut diantaranya…


1. Membuat UI Kit, Illustrations Kit, Icons Set, lalu dijual di situs marketplace

Gambar diatas adalah tampilan website UI8.net , salah satu marketplace untuk para designer yang ingin menjual UI Kit, Illustrations Kit, Icon Set, dan berbagai aset design lain nya.

Dengan menjual aset design di website marketplace, seorang designer bisa mendapatkan passive income.

Effort atau usaha nya besar di depan, yaitu harus membuat aset digital yang berkualitas dan unik. Tetapi setelah itu… mereka tinggal menaruhnya di situs marketplace, dan tinggal menunggu aset design mereka dibeli. Setiap ada pembelian, maka designer tersebut akan mendapatkan uang.

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan passive income dengan metode ini, maka luangkan waktu mu untuk membuat aset design yang berkualitas dan unik.

Targetkan dalam 1 bulan membuat 1 produk yang siap dijual di marketplace, maka dalam 1 tahun, kamu akan memiliki 12 produk. Jika kamu rutin melakukan nya selama 5 tahun, maka kamu akan memiliki 60 produk. Dan setelah itu… kamu tinggal menikmati hasil penjualan nya.

Bayangkan jika kamu memulainya di umur 20 tahun. Maka di umur 25 tahun, kamu sudah memiliki passive income yang cukup besar yang terus mengalir ke rekeningmu.


2. Membuat kursus tentang design lalu di pasarkan di situs kursus online

Kamu memiliki passion dalam hal mengajar tentang design? , maka buatlah sebuah video tentang cara membuat UI ataupun tentang cara membuat ilustrasi.

Setelah selesai, maka kamu telah memiliki sebuah materi tentang design dan itu bisa disebut sebagai produk. Pasarkanlah produk itu ke situs kursus online.

Gambar diatas adalah tampilan dari situs kursus online, udemy.com , di situs tersebut banyak orang telah membuat materi tentang berbagai hal dan menjualnya. Sehingga selain berbagi ilmu, mereka juga mendapatkan uang.

Jika kamu tertarik mendapatkan passive income dengan metode seperti ini, maka cari tahu apa hal yang kamu kuasai. Lalu tentukan bagian apa yang ingin kamu ajarkan ke orang lain. Setelah itu tulislah materi yang ingin kamu ajarkan ke orang lain di sebuah kertas, lalu persiapkan peralatan merekam-mu. Lalu pasarkan video mu di situs kursus online.

Setiap ada orang yang membeli kursus-mu , kamu akan mendapatkan uang.

Bayangkan jika kamu memulai membuat kursus mu dari hari ini, maka di tahun depan, sudah berapa banyak dollar yang kamu hasilkan dari berjualan materi/kursus di situs kursus online?


3. Membuat konten Youtube tentang design dalam bahasa Inggris

Hari ini, banyak orang sudah tahu bahwa membuat video lalu menaruhnya di Youtube, bisa menghasilkan uang. Dengan cara mempersilahkan Youtube untuk menampilkan iklan di video kita.

Saya pernah ngobrol dengan seorang Youtuber, dia sering sekali membuat konten tentang design dalam bahasa Inggris. Cukup banyak video di channel nya.

Dan jika dalam sebulan ia tidak membuat sebuah video, maka penghasilan dari Youtube nya dalam sebulan jika di rupiahkan masih di kisaran 2 digit. Dengan subscribers di bawah 100rb.

Bayangkan… mendapatkan gaji 2 digit perbulan, tanpa melakukan apapun.

Saat kami mengobrol tentang hal itu, Ia menyebutkan bahwa kemungkinan besar karena Ia menggunakan bahasa Inggris di video nya.

Asumsi 1:

Dengan menggunakan bahasa Inggris, akan memancing pengunjung dari luar negeri.

Asumsi 2:

Youtube akan menampilkan iklan yang relevan dengan pengunjung nya. Contohnya… saya berada di dalam negeri, dan membuka salah satu video di Youtube. Maka iklan yang ditampilkan kemungkinan adalah produk produk dalam negeri.

Jika pengunjung video mu adalah orang orang yang berlokasi di luar negeri, maka kemungkinan Youtube akan menampilkan iklan dari produk produk luar negeri.

Asumsi 3:

Ada perbedaan bayaran yang diterima saat videomu menampilkan iklan dari produk dalam negeri dan iklan dari produk luar negeri.

Tertarik mendapatkan passive income dengan metode seperti ini? Langsung siapkan materimu dalam bahasa inggris.


4. Membuat E-book tentang design lalu menjualnya

Beberapa bulan lalu, salah satu designer favorit saya Steve Schoger meluncurkan buka panduan dalam pembuatan UI. Bukunya bisa dibeli di refactoringui.com/book

Di dalam buku tersebut terdapat banyak sekali tips dan panduan dalam membuat UI yang nyaman bagi user tetapi terlihat modern dan clean. Salah satunya seperti dibawah ini

Sumber: https://refactoringui.com/book/

Setiap orang yang membeli buku tersebut, akan mendapatkan versi PDF nya.

Saya jadi terpikir bahwa membuat sebuah buku tentang design dalam format PDF dan menjualnya bisa menjadi salah satu passive income.

Dengan menggunakan format PDF, maka tidak perlu melalui proses packaging dan tidak perlu melalui proses pengantaran yang memakan waktu dan setiap orang yang membeli bisa langsung menikmati buku tersebut.

Bayangkan jika, kamu membuat sebuah buku tentang design. Lalu kamu jual dalam format PDF seharga Rp 800.000 dan ada 5.000 orang yang membelinya. Berapa rupiah yang bisa kamu dapat?


Semoga bermanfaat :)