Tentang User Research

1. Pertama, apa itu “Research”?

Bayangkan kamu sedang mencari kos kosan. Apa yang akan pertama kali kamu lakukan?

Enggak mungkin kamu akan langsung menuju rumah yang bertuliskan “Terima Kost” , ketuk pintu, ketemu yang punya kos dan langsung bayar.

Asumsi saya, pertama kali kamu akan mencari daerah yang nyaman. Anti Banjir, Anti Kriminalitas. Setelah itu, kamu akan mencari daerah yang dekat dengan ATM, dekat dengan Indomaret, dekat dengan tempat makan dan dekat dengan akses kendaraan umum seperti bus atau angkot.

Jika sudah menemukan daerah seperti itu, barulah kamu akan mencari cari apakah disitu ada kos-kosan atau tidak.

Ketika ketemu suatu kos kosan pun, kamu tidak akan langsung membayarnya. Kamu akan melihat lihat kos kosan nya terlebih dahulu.

Mencari tahu apakah kamarnya luas, apa saja fasilitasnya, berapa biayanya. Kalau tidak cocok, kamu akan mencari kos kosan lain nya.

Proses mencari kos kosan itu dinamakan dengan Research atau bahasa Indonesia nya Riset. Semacam proses untuk mengumpulkan data dengan tujuan untuk mencari kos kosan paling ideal sesuai dengan budget dan kebutuhan.

2. Lalu apa itu User Research?

Research sendiri adalah proses untuk mengumpulkan data. Maka User Research adalah proses untuk mengumpulkan data dari user.

Mari kita gunakan contoh lain…

Minggu depan teman mu akan berulang tahun. Karena dia teman baik, maka kamu akan memberikannya hadiah. Tapi kamu bingung apa hadiah yang cocok untuk dia.

Akhirnya kamu mencari tahu apa kesukaan temenmu dengan bertanya ke keluarga nya, bertanya ke temen temen dekatnya, mencari tahu atau kepo di social media nya. Akhirnya kamu tahu bahwa ternyata dia suka koleksi Gundam. Akhirnya kamu memberikan nya hadiah gundam.

Apa yang baru saja kamu lakukan adalah User Research, untuk mengumpulkan data apa yang menjadi kesukaan temenmu, dengan tujuan agar kamu bisa membelikan kado yang pas untuk temenmu.

3. User Research dalam Pembuatan Produk Digital (App atau Website)

Pada suatu hari sebuah perusahaan akan membuat sebuah aplikasi streaming musik. Sebelum memulai mendesign, tim mempelajari dulu bagaimana kebutuhan bisnis dari aplikasi streaming tersebut.

Bagaimana gambaran besar dari aplikasi tersebut, Apa goal dari aplikasi tersebut, Bagaimana strategi untuk memperoleh profit / keuntungan.

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, tim melanjutkan dengan melakukan user research.

User research yang pertama kali dilakukan oleh team adalah mencari tahu bagaimana pola masyarakat dalam mendengarkan musik.

Mereka mencari tahu kapan masyarakat mendengarkan musik, bagaimana masyarakat memilih musik, apa musik yang sering di dengarkan.

Hasil dari user research ini nantinya akan menjadi panduan tim dalam mendesain aplikasi. Sehingga akan tercipta design yang relevan untuk masyarakat.

Contohnya…

Masyarakat sering mendengarkan musik yang juga di dengarkan oleh teman nya.

Maka di aplikasi tersebut bisa di desain bagaimana agar seorang user bisa mengetahui apa musik yang diputar oleh teman nya, sehingga memancing user tersebut untuk memutar musik yang sama.

Contohnya lagi…

Masyarakat sering mendengarkan musik berdasarkan suasana

Maka di aplikasi tersebut bisa disediakan pengelompokkan lagu sesuai dengan suasana tertentu dan diberikan label seperti “Pengantar Tidur” , “Melow”, “Super Energic” , “Focus”, “Senja”, “Hujan” dll. Sehingga masyarakat bisa memilih kategori yang cocok dengan suasana saat itu.


4. Metode user research

Berikut adalah beberapa metode dalam melakukan User Research

Interviews

Jika dalam konteks membuat aplikasi streaming musik, maka Sesi Interviews dilakukan dengan mengundang orang untuk ngobrol dengan tujuan untuk mencari tahu bagaimana kesehariannya dalam hal mendengarkan musik. Dalam sesi interviews biasanya hanya ada dua orang. Penanya dan Partisipan.

Focus Groups

Mirip dengan sesi Interviews, tetapi berbeda di jumlah partisipan nya. Pada sesi Focus Groups ini bisa dilakukan dengan satu orang moderator dan 5 orang partisipan. Lalu kegiatan dimulai dengan sang moderator membacakan topik apa yang menjadi perbincangan, setelah itu semua partisipan akan berdiskusi. Dan moderator bertugas untuk mencatat dan membuat diskusi terus mengalir.

Kuisioner

Jika dalam konteks membuat aplikasi streaming musik, maka kuisioner dilakukan dengan membuat beberapa pertanyaan untuk mencari tahu keseharian masyarakat dalam hal mendengarkan musik. Kuisioner bisa dibuat menggunakan Google Forms, lalu menyebar link nya melalui sosial media.


5. Tata cara melakukan User Research

  • Siapkan pertanyaan
  • Undang partisipan melalui email, telepon, chat ataupun bertemu langsung
  • Jelaskan maksud dari User Research tersebut dan beri gambaran apa yang akan dilakukan oleh partisipan
  • Minta ijin partisipan jika akan melakukan kegiatan perekaman. Entah itu perekaman suara ataupun video
  • Beri reward ataupun hadiah kepada partisipan karena telah meluangkan waktunya untuk melakukan user research


Semoga bermanfaat :)