Tips memulai eksplorasi UI Design

Dwinawan
Insight
Published in
4 min readJul 19, 2017

Salah satu hobi seorang UI Designer pastilah membuat eksplorasi design UI. Entah itu mengeksplorasi solusi navigasi yang memudahkan jempol untuk mengoperasikan sebuah apps. atau eksplorasi visual seperti difuse shadow atau mencoba membuat design app yang clean dengan typography yang besar.

Tapi kadang saat akan memulai eksplorasi design terkendala dengan mulainya dari mana, mau bikin apa.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memulai eksplorasi design Anda.

1. Tentukanlah tema.

Pilih tema yang Anda sukai. Misal, Travelling, Makanan, Musik, Film, Olahraga, atau yang lainnya. Dengan tema yang Anda sukai, Anda akan lebih tertarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut.

2. Tentukan masalah

Misal, kita telah memilih tema Makanan. Maka selanjutnya bayangkanlah sebuah masalah yang berkaitan dengan makanan. Misalnya “saya hobi makan tapi tidak bisa memasak, sepertinya asyik kalau ada layanan yang simple dan bisa membantu saya dalam hal memasak

3. Pilih Platform

Setelah menemukan tema dan masalah, sekarang pilih platform. Apakah Anda ingin membuat sesuatu berbasis Aplikasi iOS, Aplikasi Android atau Desktop/Website.

Karena saya ingin mengeksplorasi tentang Makanan dan masalahnya adalah tentang masak memasak dimana saya akan sering berada di dapur. Sehingga eksplorasi yang cocok adalah sesuatu yang mudah dipegang dan dioperasikan , sehingga saya memilih untuk mengeksplorasi aplikasi. Dan saya memiliki aplikasi iOS.

4. Pikirkan Solusinya

Tema yang dipilih: Makanan

Masalah yang dipilih: Saya tidak bisa memasak dan pengen ada layanan yang simple dan bisa membantu saya dalam hal memasak.

Platform yang dipilih: Aplikasi iOS

Setelah itu langkah selanjutnya adalah membuat solusi dari masalah yang kita pilih.

Dari tema, masalah dan platform yang saya pilih… solusi yang saya bayangkan adalah Aplikasi panduan memasak yang simple dan clean. Dimana saya bisa dengan mudah melihat masakan yang menggoda selera dan saya dengan mudah mengetahui bahan bahan masakan tersebut dan cara memasaknya secara detail

5. Buat Wireframe nya untuk panduan eksplorasi

Buatlah wireframe yang berisi informasi/konten apa saja yang akan ditampilkan di app/website yang akan Anda buat.

Dalam hal ini… karena saya akan membuat sebuah aplikasi resep masakan maka saya akan membuat wireframe yang berisi: foto makanan, nama makanan, sedikit info tentang makanan tersebut (berasal dari mana, rasanya seperti apa, dll) lalu pastinya saya juga akan menampilkan info bahan dan bumbunya lalu cara memasaknya

6. Cari Referensi untuk Inspirasi

Saatnya berburu referensi sesuai dengan platform dan tema yang kita pilih. Referensi bisa dari mana saja. Dribbble, Pinterest, Behance, Uplabs, Pttrn ataupun lewat google images.

Saya pribadi akhir-akhir ini seringkali mencari referensi di Pinterest. Menurut saya pinterest lebih banyak macam varian UI nya dan sering kali saya menemukan design UI yang out of the box.

Ingat…. jangan terlalu banyak mencari referensi. Karena Jika terlalu banyak referensi akan membuat kita kebingungan akan mengacu pada referensi yang mana.

7. Saatnya eksekusi

Setelah melewati semua hal diatas, kini saatnya Anda untuk memulai eksplorasi. Jangan terlalu banyak pertimbangan, pokoknya langsung eksekusi saja.

Langsung bikin Artboard atau Canvas, langsung taruh rectangle, langsung tuliskan teksnya. Dengan memulai secepat mungkin Anda akan terhindar dari penyakit “clean” saat memulai mendesain

Gejala Penyakit “clean” saat memulai mendesain: Habis bikin Artboard atau Canvas lalu berpikir sebaiknya memulai dari mana, membayangkan layoutnya dan 30 menit kemudian Artboard/Canvasnya masih “clean” alias putih bersih.

8. Jika ditengah eksplorasi Anda kehabisan Ide, maka istirahatlah

Kehabisan Ide adalah salah satu gejala bahwa otak sedang lelah. Sebaiknya Anda jangan memaksakan untuk melanjutkan eksplorasi. Lebih baik istirahat dulu. Setelah istirahat pasti akan lebih segar dan ide akan berdatangan.

Saya pernah kehabisan ide dan terus melanjutkan eksplorasi. dan selama 3 jam, saya malah tidak mendesain apapun, hanya menggeser padding ke kanan dan kiri.

Eksplorasi bukanlah sesuatu yang membuang waktu, Justru dengan bereksplorasi akan mengembangkan skill kita. dan Skill adalah salah satu investasi terbaik bukan?

Semoga bermanfaat :)

--

--

Dwinawan
Insight

Co-Founder Paperpillar • UI Designer • Love to create design exploration on dribbble.com/dwinawan • Have a question? find me on twitter.com/dwinawan_