Yakin masih tertarik jadi UI Designer?, Skill yang harus dikuasai banyak lho…

Dwinawan
Insight
Published in
3 min readAug 22, 2018

Problem Definition, User Needs, User Flow, Task Flow, Wireframing, UI Design, Icon Design, Illustration Design, Prototyping, Motion Design, Usability Testing, UI Review, Collaboration

Adalah beberapa skill yang sebaiknya dikuasai oleh seorang UI Designer. Tapi…. tenang, untuk memulai menjadi UI Designer enggak harus menguasai semua skill diatas kok.

September 2014

Hari pertama saya bekerja di Jakarta sebagai UI Designer. Tugas pertama saya adalah mendesain fitur Subscribe Email Newsletter (Fitur untuk berlangganan newsletter yang akan dikirim ke email).

5 menit setelah diberi tugas tersebut saya langsung memberikan laporan bahwa desain nya sudah selesai. Apa susahnya mendesain fitur subscribe email?. Cukup membuat sebuah kotak untuk tempat menuliskan email, dan membuat kotak satu lagi sebagai tombol.

Setelah Product Manager melihat desain nya, dia bertanya:

  • Kalau tombol ini dipencet apa yang terjadi?
  • Kalau user salah memasukkan alamat email apa yang terjadi?
  • Setelah user berhasil memasukkan alamat email apa yang terjadi?
  • Bagaimana tampilan email yang akan diterima oleh user?
  • Kalau user ingin berhenti berlangganan atau unsubscribe bagaimana caranya?
  • Kalau user ingin mengatur konten newsletter yang akan dikirim ke email, bagaimana caranya?

Dari situ saya belajar pentingnya memahami tugas atau masalah yang diberikan. Lalu dilanjutkan mengumpulkan kebutuhan user. 2 hal tersebut akan membantu UI Designer untuk merancang sebuah design.

Dari situ saya juga belajar pentingnya memvalidasi asumsi.

Setelah menerima tugas, saya berasumsi bahwa ini hanyalah membuat design subscribe email, yang hanya terdiri dari inputan email dan tombol kirim.

Tapi asumsi saya salah, ternyata ini adalah project untuk membuat design untuk proses subscribe email secara keseluruhan.

Maret 2015

Saya bergabung di sebuah tim untuk pembuatan fitur baru. Fitur ini membutuhkan interaksi yang cukup kompleks.

Karena waktu itu saya belum menguasai motion design, maka untuk menjelaskan interaksi yang dibutuhkan ke developer, saya hanya menyampaikan nya menggunakan kata kata

“Ini nanti kalau diklik disini, akan scroll ke bawah, lalu di bagian ini akan berubah seperti ini (sambil menunjuk nunjuk design nya)

“Kalau bagian ini diklik, kotak ini akan melebar dan akan muncul form form ini”

Tentu saja sangat sulit menjelaskan sebuah interaksi menggunakan kata kata. Akhirnya saya belajar motion design.

Dari situ saya mengetahui bahwa salah satu fungsi motion design adalah sebagai alat komunikasi untuk menyamakan persepsi tentang suatu interaksi. Karena kalau hanya menggunakan kata kata akan ada kemungkinan perbedaan persepsi.

Problem Definition, User Needs, User Flow, Task Flow, Wireframing, UI Design, Icon Design, Illustration Design, Prototyping, Motion Design, Usability Testing, UI Review, Collaboration

Adalah beberapa skill yang sebaiknya dikuasai oleh seorang UI Designer. Tapi…. tenang, Setiap perusahaan selalu memberikan waktu kepada karyawannya untuk belajar. Jadi jangan takut untuk melamar menjadi UI Designer walaupun belum menguasai beberapa skill diatas.

Selama Anda memiliki keinginan belajar yang tinggi, tidak ada yang perlu untuk ditakutkan.

--

--

Dwinawan
Insight

Co-Founder Paperpillar • UI Designer • Love to create design exploration on dribbble.com/dwinawan • Have a question? find me on twitter.com/dwinawan_