[Life Experience] Renewal Kartu ATM Alinma

Riandy Rahman Nugraha
Insinyur Negeri Pasir
4 min readSep 14, 2023
Kantor cabang Alinma di Distrik Nuzha

Alhamdulillah hari ini saya mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga terkait dengan renewal kartu ATM Bank Alinma.

Tanpa terasa ternyata saya sudah 4 tahun sejak menginjakkan kaki pertama kali di Arab Saudi. Itu artinya kartu ATM bank yang saya gunakan pun sudah harus diperbarui.

Ternyata cukup banyak juga drama yang terjadi ketika proses pembaruan kartu ATM ini saya lakukan. Mulai dari sistem yang down, aktivasi kartu yang ditolak, dlsb-nya.

Mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini bisa memudahkan teman-teman sekalian untuk bersikap lebih tenang ketika menghadapi situasi yang sama seperti saya. Walaupun saya berharap mudah-mudahan situasi teman-teman nanti sudah jauh lebih baik daripada yang saya alami sekarang. Hehe…

Masa Renewal Kartu ATM Alinma

Kartu ATM Alinma paling cepat bisa di renew 90 hari sebelum expiry.

Nanti di banking app kita akan muncul notifikasi kalau kartu ATM kita 90 hari akan expired dan disarankan untuk segera melakukan renewal dengan menggunakan app.

Ingat bahwa renewal dan cetak kartu ATM adalah 2 proses yang berbeda, teman-teman.

Ketika kita melakukan renewal, sebenarnya yang kita lakukan adalah mengganti kredensial kartu kita dengan yang baru (expiry date & CVV) tanpa mengganti nomor kartu kita. Sementara cetak kartu, ya proses mencetak kredensial kartu yang sudah di-update ke kartu fisik.

Nah jadi walaupun renewal ini bisa dilakukan dengan app, saya pribadi nggak menyarankan untuk melakukan ini, teman-teman. Kenapa? Iya karena itu artinya kartu kita yang lama udah nggak bisa lagi dipakai sampai kita melakukan cetak kartu ATM yang baru. 😅

Jadi kalau saya pribadi lebih memilih untuk sekalian saja melakukan kedua prosesnya di mesin cetak mandiri kartu ATM yang tersedia di beberapa kantor cabang Alinma. Ini simply supaya saya masih bisa pakai kartu ATM yang belum expired just in case kalau ada apa-apa.

Nah metode menggunakan mesin cetak mandiri kartu ATM inilah yang akan saya bagikan di tulisan ini.

Cetak Kartu ATM Alinma

Mesin cetak mandiri kartu ATM

Sebenarnya saya sendiri mengikuti langkah-langkah yang ada di video ini.

Kurang lebih langkah-langkahnya:

  1. Datang ke kantor cabang yang ada mesin cetak mandiri ATM. Kalau saya pribadi datang ke kantor cabang Alima yang ada di Nuzha (bisa dilihat tempatnya disini).
  2. Login ke akun bank kita di mesin itu, lalu pilih renewal.
  3. OTP akan dikirimkan ke nomor handphone kita.
  4. Setelah kita input OTP, proses pencetakan kartu ATM akan berjalan.

Oh ya, proses pencetakan kartu ini memakan waktu sekitar 5 menit-an ya, teman-teman. Emang agak lama, jadi ya ditunggu aja. Hehe…

Setelah kita berhasil mencetak kartu ATM, hal yang selanjutnya perlu kita lakukan adalah melakukan aktivasi kartu ATM-nya.

Nah di step inilah dramanya mulai terjadi. Wkwkwkkwkwkwkwk…

Aktivasi Kartu ATM Alinma

Menu pilihan untuk aktivasi kartu ATM

Secara konsep proses aktivasi kartu ATM sangat mudah:

  1. Lakukan transaksi apapun di ATM dengan kartu yang baru, PIN-nya adalah PIN kartu ATM lama
  2. Begitu muncul menu untuk aktivasi, pilih “ya”
  3. Masukkan PIN baru (harus baru tidak boleh sama seperti yang lama)
  4. Selesai

Nah cuma for some reason yang terjadi pada kasus saya adalah setelah step 2, tiba-tiba kartunya keluar dari ATM, dan begitu saya coba di mesin ATM lainnya juga sama. 🤣

Akhirnya setelah bolak-balik beberapa kali coba, akhirnya saya putuskan untuk antri di kantor cabang-nya. Dan ternyata emang kata petugasnya jaringan-nya memang lagi error, dan disarankan untuk coba lagi nanti aja.

Nah parahnya stok uang riyal saya yang ada di dompet sudah mulai menipis. Maklum jarang banget ambil cash karena hampir semuanya di Saudi ini bayarnya pakai kartu debit. 🤣

Akhirnya saya putuskan untuk ke ATM di kantor cabang lain yaitu cabang Qurtubah (bisa dilihat tempatnya disini). Dan ternyata hasilnya tetep sama juga dong. Wkwkwkwkwkwkwkwk…

Ya udahlah akhirnya saya putuskan untuk masuk lagi ke kantor cabang dan meminta petugasnya untuk aktivasi kartunya. Dan ternyata nggak bisa dong, karena for some reason di sistem mereka sudah tercatat kartunya activated. Dan di app alinma pun memang betul si kartunya udah activated. Wkwkwkkwkwkwkwkwk…

Proses aktivasi yang gagal terus

Akhirnya ya sudahlah saya putuskan untuk pulang aja dulu. Karena dulu waktu saya bikin kartu ATM virtual Alinma, kartu-nya baru bisa saya pakai untuk transaksi online setelah 1 hari. Lagi pula ketika itu juga masih kurang dari jam 12 siang (sebelum zuhur), biasanya memang jam-jam segitu banyak maintenance yang dilakukan oleh Bank Alinma pada sistemnya.

Akhirnya pulanglah saya. Setelah zuhur karena penasaran, akhirnya saya putuskan untuk mampir ke ATM Alinma yang ada di dekat kantor saya (bisa dilihat tempatnya disini). Alhamdulillah bisa dong ternyata. 😭😭😭👍🏻👍🏻

Kesimpulan

Jadi ternyata memang untuk aktivasi ini kayaknya perlu waktu sekitar 1–2 jam dari proses pencetakan ya?

Selain itu saya juga jadi baru ngeuh banget kalau si PIN ATM barunya ketika proses aktivasi nggak sama sekali sama kayak yang lama. Kalau iya, nanti akan di-reject oleh sistemnya dengan pesan yang cukup ambigu: “Maaf transaksi ini tidak bisa diproses”. Wkwkwkwkwkkwkwkwk…

Jadi ya itulah teman-teman terkait dengan pengalaman saya melakukan renewal kartu ATM Alinma. Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian. 🙏🏻

--

--

Riandy Rahman Nugraha
Insinyur Negeri Pasir

Love to learn something new. Insight hunter. Engineering Manager @haraj.