Alief’s Update — Week 4

Alief Aziz
Inspire Crawler
Published in
2 min readMar 7, 2016

Berikut merupakan beberapa hal yang saya lakukan selama satu minggu kebelakang

  1. Membuat tutorial git

Ini memang tidak wajib, namun berhubung beberapa teman lain meminta untuk dibuatkan & dipublish,oleh karena itu saya coba untuk menulisnya disini. Tutorial yang saya tulis disini memang tidak terlalu lengkap, ini hanya kumpulan dari command-command yang sering dipakai untuk proyek kedepannya.

2. Berkontribusi dalam pembuatan product proposal

Dalam pembuatan product proposal ini, saya dan Haryo bertugas untuk mengembangkan bagian resiko.

3. Melakukan percobaan terhadap library Name Entitity Recognizer(NER)

library yang saya gunakan dibuat oleh stanford yang bisa didapat disini . Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan mengeksekusi script dibawah ini.

java -mx300m -cp ‘stanford-postagger.jar:lib/*’ edu.stanford.nlp.tagger.maxent.MaxentTagger -model $1 -textFile $2

$1 = diisi dengan model yang kita punya(karena keterbatasan model yang kami miliki, makanya kami hanya menggunakan model yang sudah disediakan stanford, yaitu dalam bahasa inggris)

4. Melakukan percobaan terhadap library Part of Speech Tags(PosTag)

Library yang saya gunakan lagi-lagi diambil dari stanford (bisa didapat disini) . Cara penggunaannya juga cukup mudah, yakni dengan mengeksekusi script dibawah ini.

java -mx700m -cp “$scriptdir/stanford-ner.jar:lib/*” edu.stanford.nlp.ie.crf.NERGUI

5.Melakukan percobaan terhadap library PosTAG versi bahasa Indonesia

Untuk poin yang ini memerlukan lebih banyak step dibanding poin tiga dan empat. karena untuk bisa memakai library ini kami harus menginstall beberapa software dibawah terlebih dahulu, software-software tersebut ialah

  1. PERL
  2. Java
  3. Foma
  4. Morphind
  5. POS-Tag Indonesia

untuk pemasangan modulnya saya mengikuti tutorial yang tersedia pada link dibawah

Library bisa didapat disini

Tutorial untuk menginstall library ini saya dapatkan disini

— — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — -

Hal yang saya akan lakukan kedepannya yaitu mengintegrasikan poin tiga, empat dan lima melalui satu kelas dalam java. Sehingga akan lebih mudah dipakai oleh yang lain

--

--