Ega’s Journal — Week 14

Kevin Ega Pratama
Inspire Crawler
Published in
4 min readMay 29, 2016

This is my 14th and final post for my journal.

End of The Journal

It’s saddening but nevertheless it is also a relief that it’s going to an end. This will be missed.

Setelah melewati 6 bulan telah sampailah diakhir perkuliahan, pada minggu terakhir ini saya dan tim melakukan deployment proyek, tugas saya adalah melakukan migrate database yang saya buat untuk autentikasi ke server database yang dibuatkan oleh kak salman untuk proyek kami. hal itu saya lakukan dengan pertama membuat database baru di server database kemudian merubah settingan koneksi ke database sehingga menggunakan database yang sudah dibuat lalu menggunakan fungsi migration dari laravel yang saya jalankan langsung dari server saya membentuk table user.

Setelah itu untuk proses autentikasi semua halaman dengan akses admin semua request php nya saya alihkan ke middleware untuk dilakukan autentikasi sehingga hanya admin yang sudah melakukan login saja yang dapat mengaksesnya.

Kemudian saya juga update halaman AddQuote supaya memiliki alert-success apabila berhasil memasukkan data ke database

Step 1: Click “Add Quote” button.
Step 2: Fill the form and click add
Step3 :You will be redirected and a success alert will be shown
Step 4: See on CRUD page that the Quote was successfully added to DB!!

web kami sudah dapat diakses melalui

http://sandbox.badr.co.id/ppl1

P.S. : Admin page hanya bisa diakses menggunakan akun terdaftar (ask us for the email and password needed)

Yang mau diklaim

Belajar Continuous Integration menggunakan Travis-CI

Yang saya lakukan adalah melakukan fork terhadap suatu contoh repository. kemudian setelah itu mendaftarkan profile github saya ke Travis-CI setelah itu mengaktifkan Travis-CI pada contoh repository. setelah itu saya melakukan sedikit editing file kemudian melakukan commit untuk mentrigger travis agar melakukan build yang akan dilakukan otomatis oleh Travis-CI dan menjalankan script pada .travis.yml dalam hal ini travis akan menjalankan script phpunit Test.php. yang akan melakukan unit test php terhadap hasil build.

Hasil build pertama gagal karena dalam unit test akan mengeluarkan error saat men-assert 1+1 = 1, apabila saya ubah menjadi 1+1=2 dan kemudian saya lakukan commit dan push untuk trigger travis-ci untuk melakukan build maka:

dapat dilihat bahwa hasil build#2 passed atau sukses. YEAY!! (pembuatan script untuk travis pada file .travis.yml bisa dibilang salah satu proses implementasi kompetensi build script).

REKLAIM

  1. Reklaim Apidoc

Untuk reklaim sudah mencoba menjalankan salah satu request yang ada pada apidoc, yaitu getQuoteByAuthor berjumlah 2 dan dengan nama author Alan

sukses mendapatkan dua buah quote dengan author bernama Alan.

2. Reklaim Applying Suitable Algorithm
Saya sudah mencari tau apa yang dimaksud Eloquent yang saya gunakan pada laravel, Eloquent adalah sebuah ORM (Object Relational Mapping) yang sangat powerful dan expressive. Pada Laravel, setiap model (yang merupakan turunan dari Eloquent) mewakili sebuah table pada database. misal saya membuat model statistic yang merupakan turunan dari Eloquent maka model tersebut merupakan perwakilan table statistik yang saya buat pada database.

3. Reklaim Living Documentation
Saya dan team melakukan update terhadap dokumen user story karena terdapat perubahan pada saat sprint berjalan perubahan dicatat pada dokumen Living Documentation di Drive kelompok,.

4. Reklaim Refactoring

Sebelumnya update statistik dilakukan didalam fitur create (add quote), kemudian berdasarkan refactoring catalog dari Martin Fowler yaitu Extract Method saya dapat merubah fragment dari code yaitu yang fragment kode yang berfungsi untuk update statistik pada method create (add quote)menjadi sebuah method baru yaitu updateTotalQuotes.

5. Reklaim Unit Test

tambah test untuk login, jika tidak terdaftar di database, jika hanya mengetikkan email saja, jika mengisi password saja. jika terdaftar di database

6. PHP Code Convention

Overview PHP-FIG

  • Files MUST use only <?php and <?= tags.
  • Files MUST use only UTF-8 without BOM for PHP code.
  • Files SHOULD either declare symbols (classes, functions, constants, etc.) or cause side-effects (e.g. generate output, change .ini settings, etc.) but SHOULD NOT do both.
  • Namespaces and classes MUST follow an “autoloading” PSR: [PSR-0, PSR-4]
  • Class names MUST be declared in StudlyCaps.
  • Class constants MUST be declared in all upper case with underscore separators.
  • Method names MUST be declared in camelCase.

--

--