Java Put Variable inside a String

Akyong
Java and other Java Framework
2 min readApr 5, 2019

Kali ini saya akan membahas tentang format String pada Java.

Biasanya kita mendeklarasikan sebuah variable string seperti berikut:

String variable = "Saya suka kamu";

tapi bagaimana jika saya ingin membuat kamu menjadi sebuah variable yang dimana saya bisa mengubah kata kamu sesuai kebutuhan?

Dalam Java terdapat beberapa cara, contohnya menggunakan Regex/ regular expression, replace juga merupakan salah satu cara, akan tetapi diluar kedua cara ini masih ada banyak cara. Diartikel kali ini saya akan membahas 2 cara yaitu:

  1. String.format();
  2. MessageFormat.forma();

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Saya akan membuat sebuah contoh :

String.format();

String kalimat = "Saya suka %s";
String hasil = String.format(kalimat,"Akyong");
// hasilnya menjadi "Saya suka Akyong"

variable ini kita menggunakan %s lalu bagaimana jika variablenya lebih dari 1? jika menggunakan variable lebih dari satu maka harus menggunakan %1$s yang sama dengan variable String pertama, %2$s variable string kedua, dan seterusnya, jika Integer maka menggunakan %d atau %1$d jika multiple variable.

Sedangkan MessageFormat.format();

String kalimat = "Saya suka {0}";
String hasil = MessageFormat.format(kalimat,"Akyong");
// hasilnya menjadi "Saya suka Akyong"

Dengan cara ini lebih mudah, kita tinggal membuatnya menjadi {0} untuk variable pertama, untuk variable kedua maka {1} dan seterusnya.

--

--