Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

9 Tren Website Bisnis & Perusahaan yang Perlu Ditiru

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/web-design-concept-with-drawings_902906.html

Sejak awal 2018, website diprediksikan agar fokus pada pengalaman yang kaya bagi pengunjung . Teknologi seperti , dan telah diolah dan sekarang sudah mulai menjadi Kita akan melihat banyak desain yang bersih dan minimalis, dengan integrasi teknologi pada berbagai website. Kira-kira apalagi ya yang harus kita lakukan pada supaya semakin menarik dan ramai dikunjungi? Ikuti tren ini yuk!

  1. Menggunakan

Yang dimaksud denganbukan berarti desain menjadi hanya dua dimensi. menampilkan dan . Desain bersih dan minimalis menjauhkan pengunjung dari yang terlalu lama. Apalagi bagi pengguna dan yang menginginkan situs web dengan waktu yang cepat, tampilan menarik, dan SEO yang dioptimasi pada . Inilah sebabnya mengapa semakin popular di tahun 2018.

Syarat dari flat desain sendiri biasanya ;

a. Menjadikan sebagai prioritas

b. Desain yang

c. yang menonjol dan warna-warna cerah

2. Logo Animasi dan

Seringkali animasi dianggap mengganggu karena sangat mencolok. Namun mulai tahun 2018, animasi justru semakin banyak. Ini berkat teknologi yang semakin maju dan yang menangani animasi jauh lebih baik dari pada sebelumnya. Mulai dari logo animasi sampai

Pada logo, yang terpenting mampu meggambarkan bisnis, sebab logo lah yang pertama dilihat oleh pelanggan dan calon pelanggan, sehingga kita perlu memberi banyak emosi positif dengan cepat dan segera.

3.

(IoT) menggunakan teknologi untuk menghubungkan perangkat ke internet. Contohnya dari IoT termasuk , seperti Phillips Hue dan aplikasi yang membantu kita melacak kunci yang hilang.

Situs web pasti menggunakan teknologi IoT dan pada tahun 2018 telah diprediksikan kita akan melihat IoT di situ web yang memungkinkan kita berinteraksi dengan perangkat cerdas. Situs yang lebih cerdas memiliki yang lebih kompleks, namun jika Anda datang pada yang profesional maka akan membuat Anda terhubung dan membuat yang mudah digunakan.

4.

Di tahun 2017, kita menyaksikan munculnya video di situs web. Setiap situs memiliki intro video, sehingga kita bisa melihat wajah dibalik produk dan layanan yang kita pakai setiap hari. Selain itu, di tahun yang sama muncul peningkatan aplikasi dan layanan yang mempermudah pembuatan video.

Di tahun 2018, video pada website semakin canggih dan . Bersiaplah untuk melihat situs web menggunakan 360 video, 360 modeling, pemetaan video, dan video interaktif.

5. , dan

Selama bertahun-tahun, kita semakin sering berkomunikasi dengan bot. Kita mungkin pernah berbicara dengan bot terakhir kali kita menghubungi . Awalnya kita mengira bot justru mempersulit pemecahan masalah, tapi selama bertahun-tahun, mereka menjadi lebih pintar berkat peningkatan kecerdasan buatan (/AI) dan pembelajaran mesin. Ini juga yang dilakukan Facebook untuk mengenal nya. Facebook mampu mengetahui seperti apa penampilan usernya dan bertanya apakah ia ingin menandai diri di foto. Facebook juga menggunakan data lokasi dan mempelajari kebiasaan membaca sehingga tahu persis iklan, acara dan informasi mana yang ditujukan kepada penggunanya supaya pengguna menekan tombol “”.

Teknologi di atas akan terus disempurnakan dan dimasukkan ke dalam situs web perusahaan. Interaksi web akan menjadi . Bayangkan jika sebuah situs web sudah tahu persis apa yang pengunjung cari dengan hanya menganalisis interaksi mereka dengan situs perusahaan Anda. Layanan pengunjung via web akan menjadi semakin cepat dan efisien berkat teknologi baru ini. Jangan tunda lagi integrasikan ini ke desain website Anda.

Foto by PT. Javan Cipta Solusi

6.

sering disebut sebagai pemrosesan bahasa alami. Sederhananya, ini mengacu pada interaksi manusia dengan komputer dalam bentuk percakapan. Contoh adalah Alexa, Siri, dan Cortana. sekarang dapat memahami dan bertindak berdasarkan perintah suara yang rumit. Bila dikombinasikan dengan pembelajaran mesin, ini bisa memprediksi kebutuhan Anda bahkan sebelum Anda menyelesaikan perintahnya.

7. Interaksi Tanpa Batas

Interaksi tanpa batas adalah tema lain di tahun 2018. Menerapkan dan memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan situs web Anda tanpa harus mengklik atau menunggu halaman memuat ulang.

8. Penggunaan

atau SVG memang bukan sesuatu yang baru.Tapi di awal tahun 2018 mereka diprediksi akan mulai menggantikan format file gambar tradisional seperti PNG, GIF, dan JPG. SVGs adalah gambar , bukan , dan ini memberi mereka banyak kelebihan. Mereka memiliki skalabilitas yang tinggi dan dapat menjaga kualitas gambar. Ini berarti mereka tidak akan mempengaruhi kecepatan sebuah halaman ketika dijadikan sebuah animasi karena mereka tidak memerlukan permintaan HTTP. SVGs bisa menjadi sebuah keharusan di tahun 2018, terutama untuk untuk pengguna video 360 degree, 3D images, dan .

9. Aplikasi Web Progresif

Aplikasi sudah menjadi hal yang penting di jaman digital ini. sudah mulai melihat pentingnya aplikasi dan mulai mencoba membuat sesuatu yang menggabungkan web dan aplikasi. Hybrid ini sering disebut dengan istilah aplikasi web progresif. Beberapa seperti Medium, sudah menawarkan aplikasi yang mudah digunakan dengan satu klik saja. Aplikasi ini akan terus berubah mengikuti apa yang disukai pelanggan.

Mereka berguna bagi pengguna sejak kunjungan pertama di tab browser, tidak diperlukan instalasi. Saat pengguna semakin sering mengunjungi website itu, maka ini akan membantu web tersebut untuk lebih cepat, bahkan jika Anda memiliki jaringan internet yang kurang bagus.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store