Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Belajar dari Perahu Karet

Outing 2018 ke Bumi Batara kabupaten Garut dijadikan upgrading mental bagi seluruh karyawan PT Javan Cipta Solusi, tujuannya adalah menciptakan rasa kebersamaan dan kekompakan yang luar biasa sehingga dapat menciptakan suasana yang bekerjasama dalam sebuah tim, permainan ini juga menuntut kreativitas, teamwork, Imajinasi, dan konsentrasi yang lebih tinggi dalam menyelesaikan sebuah misi, dengan konsep yang fun akan menjadikan permainan lebih seru dan refresh.

Banyak permainan yang menantang dan membutuhkan kerjasama dalam sebuah tim, salah satu permaian yang paling menantang adalah rafting. permainan ini memerlukan keberanian yang lebih dalam menjalankannya.

Terdapat beberapa jeram berbentuk pillow atau jeram yang tersembunyi di balik air, seolah tak terlihat. Air yang tenang pun kerap menyembunyikan jeram yang menantang.

Sebelum kegiatan arung jeram dimulai kami semua dibreifing tentang teknis arung jeram mulai dari bagaimana mengayuh ke depan, ke belakang, cara memegang dayung yang benar serta fokus dan konsentrasi pada saat aba-aba diberikan oleh skipper (pemandu rafting).

Dengan rasa was-was bercampur rasa senang akhirnya kami pun memulai petualangan rafting, ditim ini kami beranggotakan enam orang dua diantaranya skipper, aba-aba pun sudah dimulai perahu karet kami melaju dengan jeram biasa. Terikan skipper membuat tegang penghuni perahu, beruntung salah satu dari tim kami sebelumnya sudah mempunyai pengalaman dalam permaianan rafting dan mengingatkan agar para penghuni perahu karet harus fokus, tidak perlu panik dan selalu dengarkan aba-aba dari skipper.

Namun, tak lama kemudian, terlihat air beriak yang menandakan adanya jeram di depan mata, skipper pun memberi aba-aba untuk bersiap bahwa permainan baru dimulai. Jeram-jeram di sungai ini cenderung panjang, saling sambung-menyambung, sehingga kami harus selalu waspada.

Perahu perahu karet lain melaju dengan kesulitan-kesulitan yang berbeda-beda, mereka berusaha mengendalikan perahu karet itu supaya tidak salah arus atau pun terbalik. Terjatuh diperahu karet merupakan hal yang biasa dalam permainan ini tetapi bagaimana suatu tim bisa bekerjasama untuk tidak terjadi error yang akan mengakibatkan patal pada tim.

Seketika perahu karet yang kami naiki pun terombang-ambing di sebuah jeram, satu orang skipper terpental dan menghantam tubuh besar dari personil kami sehingga mereka berdua terjatuh beberapa meter dari sungai, beruntung skipper dan anggota tim belum terlambat menyelamatkan sehingga bisa ditarik mendekat ke perahu.

Berbekal dari pengalaman situasi yang kami lalui perahu karet kian bersemangat mengayuh menyelesaikan trek arum jeram hingga jeram-jeram yang sulit kami libas dengan semangat terkadang perahu kami tersangkut di bebatuan.

Tak terasa jalur sungai Cimanuk sepanjang 12 kilometer pun telah dilalui selama empat jam. Jalur tersebut merupakan yang terpanjang untuk rafting di sungai ini dengan tingkat kesulitan yang cukup menantang.

Pelajaran yang didapat dari permaian rafting adalah konsentrasi. Konsentrasi ini sangat penting dalam bekerja karena dapat mendorong produktivitas kita. Dengan kata lain, dengan berkonsentrasi atau berfokus, kita dapat menyelesaikan tugas-tugas penting dengan efektif dan efisien. (abie setiawan/outing 2018)

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store