Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

BERADU LAYANAN BISNIS ERA VIRTUAL DENGAN VIRTUAL MACHINE

Logo VMware

JCS — Di era cloud computing atau komputasi awan ini persaingan bisnis semakin ketat beriringan dengan kebutuhan layanan yang fleksible dan cepat. Ada satu solusi yang ditawarkan, kehadiran Virtual Machine bisa menantang sekaligus di bisnis era virtual ini.

Kebutuhan yang mendesak akan layanan yang cepat, fleksibel dan lincah memungkinkan perusahaan maupun professional untuk mengadopsi model komputasi untuk tantangan bisnis yang unik. Bahkan inovasi dan keunggulan Virtual Machine telah diakui oleh perusahaan ternama, di Indonesia sebut saja Telkom Sigma salah satunya.

Perusahaan pemangku kepentingan bisnis saat ini menekan Teknologi Informasi (TI) agar lebih responsif dan fleksibel, sementara TI ditantang untuk lebih efisien dan mengendalikan biaya. Saat ini, tim TI menghabiskan sangat banyak sumber daya untuk perawatan perangkat dan hanya menyisakan sedikit sumber daya untuk proyek bernilai tambah dan strategis.

Virtual Machine merupakan software virtual yang biasa dikenal dengan VMware, berasal dari nama perusahaan yang membuatnya, VMWare Inc yang berbasis di Amerika Serikat.

SEKILAS VIRTUAL MACHINE

Virtual machine merupakan sebuah perangkat virtual untuk membuat virtualisasi server, computer, operating system, penyimpanan data, aplikasi bahkan jaringan. Jadi bisa dikatakan bahwa kita bisa membuat komputer virtual di dalam computer yang berwujud fisik dan menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi yang sedang bekerja.

Dari sekian banyak kegunaan virtual machine ini, kita bisa memaksimalkan resource dari hardware server atau kita bisa memecah satu server fisik menjadi beberapa virtual server yang dapat menjalankan fungsinya masing-masing.

Jika dibutuhkan untuk penggunaan sehari-hari, kita bisa menggunakannya untuk menggunakan sistem operasi didalam sistem operasi, misalnya menjalankan sistem operasi ubuntu didalam windows atau sebaliknya. Kita juga bisa menggunakan virtual machine sebagai alat untuk melakukan uji coba sistem operasi, jika kita sering membuat sistem operasi. Tidak perlu khawatir sistem utama akan rusak karena virtual machine menjalankan sistem lain secara bersamaan dengan host yang berbeda.

MENJALANKAN VIRTUAL MACHINE

Untuk menggunakan Virtual Machine kita harus membuat layer virtual di komputer fisik. Jika menggunakan komputer PC biasa kita bisa membuat layernya di komputer, jika yang digunakan adalah perangkat komputer yang memiliki blok server lengkap, maka buatlah layer diatas semua perangkat tersebut.

WMware akan membentuk berbagai komponen komputer dalam bentuk virtual menjadi satu bagian virtual machine yang utuh dari mulai Storage, CPU, RAM, dan lainnya yang berbentuk virtual yang selanjutnya bisa kita sebut dengan Hypervisor, layer yang secara flexible dan dapat membuat alokasi resource dalam Host komputer fisik ke virtual machine sesuai kebutuhan.

Jika virtual machine telah terbentuk, kita bisa melakukan instalasi operating system yang bisa disebut Guest OS yang akan berjalan dalam host.

VIRTUAL MACHINE DENGAN VMWARE

Seiring dengan persaingan bisnis yang banyak mengadopsi virtualiasi, kita harus memikirkan kembali bagaimana kita membangun, menjalankan, dan memberikan layanan aplikasi, dan bagaimana pengguna akhir mengakses dan menggunakannya layanan. Solusi VMware membantu tim infrastruktur TI perusahaan untuk menciptakan strategi cloud yang terstruktur, VMware dapat melayani bisnis untuk menjadi virtual yang aman, sesuai dan terkendali.

Solusi infrastruktur dan manajemen Cloud VMware adalah pondasi untuk membangun platform cloud computing yang hemat biaya dan aman untuk menerapkan aplikasi dan layanan cloud-ready. Dibangun di atas VMware vSphere, solusi ini memanfaatkan investasi yang ada untuk membantu mengembangkan infrastruktur TI perusahaan yang dapat mengantisipasi perubahan kebutuhan bisnis yang dinamis, terukur, hemat biaya dan memberikan kontrol dan otomasi, tanpa mengganggu arus beban kerja atau pembuatan teknologi lock-in Dengan memanfaatkan model manajemen dan keamanan bersama di cloud pribadi dan layanan cloud publik VMware vCloud

Layanan dan Dukungan VMware sudah termasuk konsultasi, pengelolaan akun, pelatihan, sertifikasi dan dukungan teknis. Layanan Konsultasi VMware vCloud juga memberikan keahlian terdepan untuk membantu training arsitektur, merancang dan memvalidasi strategi cloud, dan membantu mempercepat infrastruktur TI pengguna jasa dengan mengintegrasikan kemampuan komputasi awan atau cloud computing.

Mulai sekarang, gunakanlah VMware untuk solusi kebutuhan vitual perusahaan anda. Jika anda ingin bekerjasama dengan kami bisa kunjungi website javan.co.id atau bisa menghubungi kami di email info@javan.co.id

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store