Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Efisiensi, Mengurangi Input atau Memperbesar Output?

Kali ini saya ingin mengelaborasi sebuah kata yang akrab di perbincangan manajemen, efisiensi.

Berikut adalah pengertian efisiensi Menurut KBBI:

efisiensi/efi·si·en·si/ /éfisiénsi/ n 1 ketepatan cara (usaha, kerja) dalam menjalankan sesuatu (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya); kedayagunaan; ketepatgunaan; kesangkilan; 2 kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya);

Rumus menghitung efisiensi

Berdasarkan rumus di atas, apa parameter penting dalam mengukur efisiensi? Agar mendapatkan nilai efisiensi yang maksimal apa yang harus dilakukan?

Jawabannya adalah output. Ketika kita punya sebuah motor, motor tersebut disebut efisien jika motor itu bisa memberikan manfaat yang sangat banyak, bukan karena harganya murah. Misalkan kita membeli motor seharga 1 juta rupiah, tetapi motor itu sering mogok, dibandingkan dengan motor seharga 10 juta rupiah tetapi motor ini siap untuk mengantar ke kantor, ke pasar, bahkan ke mall. Dari contoh motor ini manakah yang disebut motor efisien? Tentu kita semua sepakat bahwa motor dengan harga 10 juta rupiah lebih efisien.

Lain cerita misalkan motor yang 1 juta rupiah itu tidak sering mogok, sama fit bahkan lebih enak daripada motor berharga 10 juta rupiah, mana yang lebih efisien? Saya rasa kita semua sepakat bahwa motor yang 1 juta rupiah jauh lebih efisien, harganya lebih murah tetapi output yang dihasilkan sama saja bahkan lebih baik daripada motor seharga 10 juta rupiah.

Isu efisiensi ini juga ada dalam permasalahan industri IT. Bagaimana kita mengukur sebuah proyek disebut efisien? Kalau kita mengambil analogi yang mirip dengan motor di atas, motor kita ganti dengan proyek pembangunan perangkat lunak. Mari kita bandingkan proyek menghabiskan dana 100 juta tetapi banyak bug, dengan proyek menghabiskan 1 milyar tetapi bisa memenuhi kebutuhan user dengan baik, bug minimalis dsb. Mana yang lebih efisien?

Lalu kita buat contoh kasus lain lagi dimana dengan fitur yang sama, sama-sama bebas bug, satu proyek menghabiskan dana 100 juta sedangkan yang lain menghabiskan 1 milyar, mana yang lebih efisien? Tentu proyek dengan budget 100 juta.

Efisiensi berbeda dengan penghematan. Efisiensi adalah mengukur output dibandingkan dengan input yang dibutuhkan. Output adalah hal pertama yang menjadi konsiderasi.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store