Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

EMPAT KATA SAKTI

PENYEJUK HATI

Indonesia dikenal dengan masyarakatnya yang sangat ramah dan sopan, sifat masyarakat Indonesia yang ramah dan sopan mencerminkan nilai-nilai budaya yang sudah di turunkan dari generasi ke generasi. Dari kecil kita semua sudah diajarkan untuk bertutur kata dengan baik kepada orang yang lebih tua atau pun sebaya. Berkomunikasi yang baik dengan orang lain bisa membuat hubungan antar individu menjadi lebih baik.

Komunikasi dengan baik dalam kantor salah satu contohnya, hal ini merupakan salah satu unsur penting dalam dunia kerja. Komunikasi yang baik dalam membuat karyawan menjadi lebih giat dalam bekerja, dan sebaliknya komunikasi yang buruk dapat berdampak buruk juga untuk karyawan.

Apa saja empat kata sakti itu? Empat kata sakti terdiri dari permisi, maaf, tolong, dan terimakasih. Pernah terpikir tidak untuk selalu menggunakan kata-kata di atas saat kalian berinteraksi dengan rekan kerja? Kata kata yang sederhana namun terkadang sangat bermakna untuk beberapa orang.

Contohnya saja saat kita hendak meminta sesuatu kepada orang lain, jika biasanya hanya mengucapkan “ambilkan berkas di fotocopy depan kantor dong” bisa di ubah menjadi “permisi mba, maaf boleh tolong ambilkan berkas di fotocopy depan kantor? Terimakasih”. Sederhana memang dan terkesan sepele namun kata-kata berikut dapat menyejuk hati dan memberikan hubungan yang lebih baik antar karyawan yg akan berdampak baik untuk perusahaan.

Tidak salahnya mencoba, kita selalu memulai dengan hal yang bahkan sangat kecil sekalipun agar bisa berkembang menjadi lebih besar.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store