Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Resume PMBOK [#1] Fundamental Element — Temporary Endeavor

Halo semua, pada tulisan kali ini, saya ingin meringkas dan mencertikan menggunakan bahasa saya sendiri mengenai buku yang sedang saya pelajari. Judul bukunya adalah PMBOK (Project Management Body of Knowledge), dan ini ada seri perdana saya.

Hal yang ingin saya bahas sesuai dengan judul artikel ini, Fundamental Element dalam suatu project. Di dalamnya ada satu poin yang berjudul “Temporary Endeavor”. Apakah itu?

Maksud dari temporary endeavor adalah batas waktu pengerjaan yang ada pada setiap project. Akan tetapi tidak berarti hanya project singkat / kecil saja yang membutuhkan temporary endeavor, sebesar apapun projectnya, wajib memiliki temporary endeavor.

Berakhirnya suatu project akan tercapai jika satu atau lebih dari hal berikut terpenuhi (Ingat! Ini adalah hal-hal yang dapat menjadikan suatu project itu berakhir, ya. Bisa berakhir baik ataupun berakhir buruk):

  1. Objektif dari project sudah tercapai
    Biasanya parameter ini ada pada dokumen KAK (Kerangka Acuan Kerja). Berdasarkan dokumen tersebutlah objektif dari suatu project dicantumkan. Kalau semuanya sudah selesai, ya harusnya project bisa dikatakan finish. Tapi, kadang, client minta lebih dari KAK. Inilah yang harus disiasati oleh seorang Project Manager.
  2. Objektif dari project tidak akan / tidak dapat terpenuhi
    Ya, apa boleh buat. Ketika semua usaha dan peluang sudah dicoba, dan sudah mentok banget, maka project dikatakan selesai dengan tidak membahagiakan
  3. Pendanaan sudah tidak lagi tersedia untuk dialokasikan ke project
    Kehabisan duit intinya, pasti selesai lah project itu, atau harus dipaksa untuk diakhiri. Kecuali project sosial yang tidak mencari untung ya, hehehe.
  4. Kebutuhan dari project tidak lagi diperlukan. Misalnya client minta untuk dibatalkan, atau tidak butuh lagi terhadap project yang sedang dikembangkan.
    Kasarnya, client udah bayar, tapi kondisi project belum selesai, terus dia bilang “Gak jadi aja, mas”. Maka dengan begitu, project akan berakhir.
  5. Tidak lagi ada SDM atau infrastruktur yang tersedia.
    Kalau gak ada yang ngerjain, bagaimana bisa selesai? Ini yang gawat.
  6. Project dihentikan karena alasan hukum
    Yang ini udah gak perlu diperjelas ya, kalau project yang dikerjakan melanggar hukum, sudah pasti harus diakhiri.

Project itu bersifat temporary, tapi deliverable nya bisa saja lebih dari batas waktu suatu proyek.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store