Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Getting Stronger With Javan

Memulai tahun 2018, PT. Javan Cipta Solusi mengadakan suatu event internal bertajuk Getting Stronger with Javan. Tujuan utama dari event ini adalah untuk upgrading skill semua anggota divisi yang ada di Javan dengan maksud untuk mendewasakan diri dalam pekerjaannya masing-masing.

Lalu apa aja sih yang temen-temen di Javan lakukan selama event ini?

Learn & Discuss

Belajar dan Diskusi Santai

Namanya upgrading skill tidak akan jauh-jauh dengan yang namanya belajar dan diskusi. Mengingat kembali hal-hal dasar yang seharusnya tidak dilupakan, belajar hal baru dari senior yang lebih berpengalaman, dan diskusi-diskusi hangat mengenai apa yang harus kita tingkatkan lagi agar menjadi lebih baik.

Diskusi ini dibagi menjadi beberapa kelas sesuai dengan jumlah divisi yang ada, yaitu Programmer, Project Management, Bussiness Development, Finance & Legal, Quality Assurance, dan Design. Khusus untuk divisi Programmer dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas PHP dan kelas Java Web.

Back to Basic

Topik utamanya adalah peningkatan pemahaman pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawab teman-teman di Javan. Contohnya di Programmer (karena saya programmer) diingatkan kembali pelajaran-pelajaran dasar seperti struktur data dan object oriented programming atau yang disingkat OOP.

Setelah otaknya fresh lagi dengan dasar pemrograman, barulah diadakan kelas yang topiknya pemahaman lebih mendalam menggunakan bahasa pemrograman yang sering digunakan berbarengan dengan teman-teman divisi lain seperti Project Management, Finance, dan Bussiness Development.

Ice Breaking

Simbol Kebahagiaan

Belajar dan bekerja itu satu hal yang mirip, yaitu sebuah rutinitas yang monoton menguras tenaga dan pikiran. Inilah yang menyebabkan orang mudah bosan dan mengantuk. Oleh karena itu, di sela-sela diskusi diadakan ice breaking selama 10–15 menit untuk menyegarkan kembali otak yang panas dan melemaskan wajah yang tegang akibat berpikir terlalu keras.

Indahnya tertawa bersama

Sempat ada perubahan jadwal ice breaking sebenarnya. Kegiatan yang awalnya menjadi selingan diskusi diubah menjadi kegiatan di akhir hari. Ice breaking-nya pun bukan pelemasan otot biasa, tetapi berubah menjadi games yang bisa dimainkan bareng-bareng dengan semua tim.

Go to Garut!

Di Taman Air Sabda Alam, Garut

Setelah satu minggu berusaha memperkuat diri sendiri dengan meningkatkan kemampuan masing-masing di bidang dan divisinya, tidak lengkap rasanya bila tidak ada upaya untuk memperkuat keakraban dan kekompakan sebagai satu tim bernama Javan.

Kegiatan apa saja yang dilakukan teman-teman Javan di Garut?

  1. Team Building
  2. Outbound (Rafting dan Paint Ball)
  3. Malam Keakraban / Api Unggun
  4. Main air di Taman Air Sabda Alam

Kegiatan team building dan outbound bertujuan untuk meningkatkan kerja sama tim, solidaritas, fokus, dan leadership. Kegiatan seperti ini sudah pernah dilakukan oleh Javan. Sebelum di Garut, Javan juga melakukan team building di Cikole, Bandung. Kegiatan team building yang dilakukan di antaranya permainan meletakkan bola dan ranjau.

Permainan meletakkan bola ini menggunakan tali, karet, dan tentu saja bola. Tujuannya adalah bagaimana caranya memindahkan bola dari satu titik ke titik yang lain hanya dengan menggunakan tali dan karet. Oh dan satu lagi, hanya ada dua orang dalam satu tim yang tidak ditutupi matanya. Jadi disini berusaha bagaimana yang tidak ditutup matanya memimpin rekan-rekannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Permainan Meletakkan Bola

Permainan yang lain adalah ranjau. Panitia team building sudah mempersiapkan tali yang sudah membentuk kotak-kotak. Kenapa disebut permainan ranjau, karena ada ‘ranjau’ di antara kotak-kotak tersebut. Goal nya adalah bagaimana bisa menyebrang tanpa menginjak ‘ranjau’. Disini tim diuji bagaimana mengambil cara tercepat dengan korban (cost) sedikit.

Ranjau

Setelah melatih kerja sama tim, kekompakan pun harus tetap dijaga. Malam keakraban atau acara api unggun diselenggarakan dengan tujuan untuk mengakrabkan teman-teman Javan Bandung dengan Javan Jogja, dan tentu saja dengan para petinggi Javan agar tidak kaku saat bertemu di luar urusan pekerjaan.

Tetap kompak gaes!

Di acara api unggun ini juga diumumkan pemenang-pemenang Javan Award. Ini nih daftar pemenangnya :

  1. Ter-Aktif : Kang Aldy
  2. Ter-Karyawan : Kang Epi
  3. Ter-Legend : Kang Dedi Ulle
  4. Leader Terbaik : Mas Yoga
  5. Ter-Inovatif : Mas Fiqri

Berikut foto-foto pemenang saat mendapatkan hadiah dari Javan. Selamat ya!

Kang Aldy (kiri) Teraktif
Kang Epi diwakili Teh Kiki (kiri) Ter-karyawan
Kang Dedi Ulle (kiri) Ter-Legend
Mas Yoga diwakili Kang Nurrohman (kiri) Leader Terbaik
Mas Fiqri (kiri) Terinovatif

Eits, tidak hanya yang mendapatkan penghargaan dari Javan Award saja yang dapat hadiah, tetapi semua karyawan dapat hadiah dari Javan juga kok.

Asik dapet gelas baru
Ada yang terkejut, ada yang kurang terkejut
Hadiah tetangga lebih hijau daripada hadiah sendiri

Besoknya tim akan pergi menuju Taman Air Sabda Alam untuk berendam dan main air sepuasnya, dilanjutkan dengan makan siang dan mampir ke tempat beli oleh-oleh.

Dengan begini selesai sudah event internal yang diadakan bertajuk Getting Stronger With Javan.

Stronger skills, Stronger mind, and Stronger Teamwork.

See you on next outing!

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store