Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Ini Genre Game yang Cocok untuk Kamu yang Sibuk

Assalamualaikum teman — teman, sebelum masuk ke pembahasan apakah teman — teman disini sudah pernah bermain game mobile ?. Saya yakin 8 dari 10 orang telah bermain game mobile. Apa lagi yang sedang hitzz sekarang yaitu game mobile legend, pubg, free fire, black dessert mobile dsb.

Saya merekomendasikan kepada teman — teman yang super sibuk tetapi ingin bermain game untuk bermain dengan genre idle. Apasih genre idle game itu ?
Idle game adalah genre game yang relatif baru, yaitu pertama kali diciptakan pada tahun 2000’an. Idle game menjadi semakin populer karena sejumlah aspek termasuk kemudahan aksesibilitas, memenuhi keinginan modern untuk multitasking, dan menggunakan waktu secara optimal. Seperti namanya, idle game dirancang untuk membuat player bermain dengan santai. Meskipun bertipekal interaktif, idle game sering kali memberikan fitur upgrade untuk mempermudah player memainkan game yang sebagian besar waktu dihabiskan tanpa interaksi. Idle game biasanya memiliki tujuan yang tidak terbatas agar player dapat memainkan game selama beberapa menit atau bahkan beberapa tahun dan tetap membuat kemajuan.

Contohnya, dimana player yang menjalankan idle game selama sebulan dengan player yang bermain hanya selama sepuluh menit, mereka akan tetap membuat kemajuan meskipun terdapat perbedaan besar antara waktu yang dihabiskan ketika melakukan interaksi dengan waktu tanpa interaksi. Meminimalkan atau bahkan menghilangkan interaktivitas dalam idle game akan mengacu ke dalam sub — genre yang kadang — kadang dikenal sebagai Zero Player Game (ZPG). ZPG mengambil ide yang sama dengan idle game, tetapi hanya memungkinkan interaksi yang sangat kecil atau interaksi yang tidak berpengaruh pada perkembangan permainan seperti pada game Godville.
Dari penjelasan diatas, apakah kalian sudah terbayang apa itu idle game atau jangan — jangan kalian sudah pernah memainkannya tetapi belum tau bahwa game yang kalian mainkan itu termasuk kedalam genre idle game ?.

Baiklah saya akan memberikan tiga referensi dari genre idle game yang cukup populer

  1. Tahu Bulat

Tahu bulat adalah sebuah idle game dari Own Games. Game ini bercerita tentang seorang penjual tahu bulat yang sedang menunggu pelanggannya dipinggir jalan menggunakan mobil. Anda harus membantu penjual tahu bulat melayani pelanggan yang ingin membeli tahu bulat, dengan cara menekan bagian layar secara cepat untuk melayani banyak pelanggan.

2. Bitcoin Billionaire

Bitcoin Billionaire adalah sebuah game dari Noodlecake Studios Inc. Game ini bercerita tentang seorang yang sedang mengumpulkan bitcoin dan membelikan hasil yang ia dapat untuk meningkatkan kehidupannya. Cukup dengan menekan layar secara cepat agar anda dapat mengumpulkan bitcoin.

3. Daddy Was A Thief

Daddy Was A Thief adalah sebuah game dari Rebel Twins. Game ini bercerita tentang seorang ayah yang menjadi perampok setelah dipecat dari pekerjaannya. Anda harus mengambil uang sebanyak mungkin serta menghindari setiap rintangan yang ada dan penjagaan dari polisi, dengan cara menggerser kearah atas agar karakter menghancurkan rintangan yang ada dan mengumpulkan poin.

Dari 3 referensi yang saya berikan, apakah salah satunya telah kalian mainkan ??. Tapi untuk tahu bulat pasti teman — teman minimal sudah pernah mendengarnya bukan. Game fenomenal yang satu ini sangat asik dimainkan dan saya sangat merekomendasikannya untuk teman — teman yang sibuk tetapi tetap ingin main game diwaktu yang kosong meski pun itu hanya 10 menit :D. Baiklah sekian untuk artikel kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman — teman :D.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store