Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Kerjakan Yang Mudah Lalu yang Sulit

Pernah dengar istilah “Hidup adalah ujian” ? Kalau belum pernah dengar, memang jarang yang ngomongin hal itu sih. Saya seringnya membaca istilah istilah itu, jarang mendengar. Karena saya sering membaca lalu ada pernyataan “Hidup adalah ujian”.

Tahu ujian kan? Ada soal, lalu peserta ujian menjawab soal-soal yang disediakan. Penilai lalu akan memberikan penilaian dan perhitungan final berapa nilai yang didapat oleh peserta. Jika banyak menjawab benar, maka akan mendapatkan nilai tinggi, jika sedikit jawaban yang benar nilainya rendah.

Hidup itu seperti ujian, setiap hari akan ada banyak soal yang diberikan ke kita, lalu kita harus menjawabnya.

“Bangun tidur apa yang anda lakukan?”
A. Tidur lagi
B. Makan
C. Merapihkan tempat tidur
D. Memasak

Umumnya dalam ujian, hasil akhir ditentukan dengan seberapa banyak jawaban benar, kecuali ujian khusus yang aturannya berbeda karena ada tujuan tertentu. Anda bebas menentukan strategi apapun untuk bisa mencapai tujuan tersebut.

Di sini ada banyak peserta ujian salah menentukan strategi. Saya akan bagikan tips sederhana namun manjur untuk bisa dapat nilai tinggi dalam ujian: KERJAKAN SOAL YANG MUDAH TERLEBIH DAHULU daripada yang sulit.

Bayangkan ada 10 soal, anda punya waktu 1 jam untuk menyelesaikannya. Lalu ternyata susunan soalnya

no 1 sangat sulit sekali,

no 2 sangat sulit

no 3 sulit

no 4 sampai dengan no 10 gampang.

Lalu anda, mengerjakan soal 1 terlebih dahulu. Anda nyangkut di soal yang sangat sulit sekali. Tidak ada progress karena memang soalnya sulit. Anda merenungi nasib kenapa soalnya sulit. Lalu tiba-tiba waktu sudah habis. Anda akan mendapatkan nilai berapa? Ya nilainya 0. Anda tidak punya progress apapun dalam ujian itu.

Coba bayangkan, misalkan anda scanning dulu soal-soalnya. Anda pilah mana yang sulit mana yang mudah. Anda akan tahu soal no 4 hingga no 10 ternyata soalnya gampang. Lalu anda kerjakan no 4 hingga 10. Lalu anda mulai kerjakan no 3, 2 lalu 1. Kira-kira berapa nilai yang anda dapat?

Ya benar, minimal anda akan dapat nilai 7 dari 10. Bandingkan dengan strategi pertama di atas, anda mending yang mana?

Jangan lupakan konsep ujian ini dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan anda. Di kantor, cari dulu pekerjaan gampang dulu, lalu pekerjaan sulit. Ada 10 fitur aplikasi yang harus dibuat, cari dulu soal yang gampang, lalu yang sulit. InsyaAllah hasil anda akan lumayan.

Bisa kan mengambil hikmah dari istilah “Hidup adalah ujian” ?

10 menit pertama dari video Mr Bean di bawah mungkin akan membantu anda.

Jika anda ada insight menarik dari video di atas, tulis di komentar ya!

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store