Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Mengenal Triangle Of Success

Semua orang pasti menginginkan kesuksesan, Tapi Apakah sudah mengetahui beberapa indikator untuk dapat mendekatkan kita dalam meraih kesuksesan selain factor keberuntungan?

http://www.vpradeepkumar.com/

Impact yang akan didaptakan ketika attitude tidak dilatih yaitu kurangnya motivasi, tidak dapat dipercaya, tidak antusias, tidak memiliki integritas dan komitmen yang mana hal itu sangat dibutuhkan ketika kita berkerja sama dengan orang lain pada suatu kelompok organisasi atau perusahaan.

Knowledge

knowledge atau pengetahuan dapat kita peroleh di bangku sekolah dan pengalaman yang telah kita lewati.

Pengetahuan adalah fakta, kebenaran atau informasi yang diperoleh melalui pengalaman atau pembelajaran. Pengetahuan adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Contoh pengetahuan adalah ketika seseorang mencicipi masakan yang baru, dia akan mendapatkan pengetahuan berupa bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut (Maier, 2007).

Pengetahuan terdiri dari:

  1. Ground Truth, Suatu kebenaran yang didapatkan dari pengalaman dan bukan teori.
  2. Complexity, Situasi yang kompleks mengindikasikan pendekatan yang kompleks dalam penyelesaianya. Masalah akan menjadi kompleks jika pengetahuan yang dibutuhkan tidak dimiliki.
  3. Judgement, Pengetahuan berkembang dan tidak mungkin lagi diterapkan dalam situasi aslinya.
  4. Heuristic (Rules of Thumb) and Intuition, Panduan dalam memudahkan dalam problem solving.
  5. Value and beliefs, Setiap manusia memiliki cara dalam memecahkan setiap masalah.

Skills

Skill dalam bahasa indonesia disebut dengan kamampuan, keterampilan atau keahlian. Skill adalah sebuah kemampuan untuk melakukan sesuatu. Kemampuan didapatkan melalui training dan pengalaman dengan melaksanakan beberapa tugas.

Kemampuan dalam triangle of succes ini terdiri dari:

  1. Goal Setting, Anda dapat menentukan Tujuan yang ingin dicapai disertai dengan cara-cara untuk mendapatkanya.
  2. Time management, yaitu tentang bagaimana menggunakan waktumu dengan cara yang mendukung pada tujuan anda secara proaktif, bukan reaktif (Alexis Haselberger)
  3. Reasoning, yaitu keterampilan berpikir kritis seperti analisis, evaluasi dan sintesis. Selain itu mencakup juga keterampilan yang lebih luas seperti pemikiran abstrak, pemikiran kreatif, pemrosesan informasi dan problem-solving.
  4. Communication, yaitu pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami (KBBI).
  5. Inter-Personal Skills, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi, berinteraksi, membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain dalam berbagai keadaan dan situasi.

Attitudes

Merupakan suatu tingkatan afeksi, baik bersifat positif maupun negatif dalam hubunganya dengan object-object psikologis (Thustone).

Jenis-jenis attitude pada triangle of success ini yaitu:

  1. Self-Motivation, yaitu adalah kemampuan untuk mendorong diri melakukan sesuatu dalam rangka mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas. Factor yang dapat mendorong seseorang untuk membangun self-motivation antara lain: Kepecayaan diri, Berfikir positif, fokus pada target, lingkungan yang mendukung.
  2. Self Confidence, yaitu perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri yang mencakup penilaian dan penerimaan yang baik terhadap dirinya secara utuh, bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang lain sehingga seseorang tersebut dapat diterima oleh orang lain.
  3. Integrity, yaitu suatu keadaan atau sikap seseorang yang berkualitas, jujur, berwibawa dan selalu bertindak benar yang secara konsisten dapat mempertahankan setiap prinsip.
  4. Honesty, yaitu jujur yang merupakan salah satu karakter manusia yang menjadi dasar dalam menjalani kehidupan yang baik.
  5. Optimism, yaitu sikap yang selalu mempunyai harapan baik dalam segala hal serta kecenderungan untuk mengharapkan hasil yang menyenangkan.
  6. Enthusiasm, yaitu suatu sikap yang memiliki energi semangat, bergairah dan memiliki kegembiraan yang besar.
  7. Co-operative, yaitu memiliki sifat bekerja sama, bersedia membantu.
  8. Commitment, yaitu sikap setia dan bertanggung jawab seseorang terhadap sesuatu baik itu diri sendiri maupun terhadap orang lain.

Semoga penjelasan terkait triangle of success dapat kita terapkan dalam kegiatan diri sendiri, baik itu untuk bisnis maupun sebagai pekerja agar dapat berprestasi.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store