Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Metode GROW untuk memimpin, menyelesaikan masalah, mencapai target

Sebagai pemimpin, kita bertugas untuk membawa tim kita mencapai target dan menyelesaikan masalah. Masalahnya, bagaimana caranya? Apalagi jika pengalaman memimpin masih kurang, maka memimpin ini hal yang menyulitkan.

Ada sebuah tool / alat bantu yang bisa digunakan oleh pemimpin untuk memimpin tim. Tool ini adalah GROW.

Saya googling dengan keyword “Goal model coaching” beberapa hasilnya:

Pertama, sebagai pemimpin kita harus mampu mendefinisikan goal. Saat ini goal ini kita buat sederhana saja, goal cuman ada 2 tipe:

  1. Menyelesaikan masalah

Misalkan kita berada di situasi proyek kita terlambat, maka kita harus menentukan goal. Misalkan goalnya adalah menormalisasi proyek agar memiliki timeline yang feasible.

Misalkan kita punya prospek proyek, kita harus menentukan goal. Misalkan goalnya adalah mendapatkan deal proyek/memenangkan tender.

Kedua, sebagai pemimpin harus mampu mengenali posisi diri dan tim. Apa yang dimiliki, apa yang dibutuhkan, apa kelemahan, apa kekuatan.

Ketiga, kita punya opsi apa saja. Manfaatkan tim untuk membantu mendefinisikan options. Tulis semua options, termasuk yang paling absurd sekalipun, karena bisa jadi itu akan mendorong munculnya opsi-opsi lain yang baik.

Keempat, pilih opsi terbaik dari opsi-opsi yang kita miliki. Lalu eksekusi sebaik mungkin keputusan yang telah dipilih. Jangan takut dengan konsekuensinya, sadari setiap keputusan, setiap pilihan pasti ada konsekuensinya.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Wisnu Manupraba

Founder JAVAN & SyarQ.com. Like to Code, Love to Think, Curious with Problem Solving.