Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Pelajaran dari Tersingkirnya Argentina , Portugal, dan Spanyol dari 16 Besar Piala Dunia 2018

Beberapa pertandingan babak 16 besar piala dunia 2018 telah usai. Ada beberapa hasil yang cukup mengejutkan karena tersingkirnya beberapa tim unggulan seperti Argentina, Portugal dan Spanyol. Argentina kalah setelah melewati pertandingan seru 3–4 melawan Prancis, Portugal kalah 1–2 dari Uruguay, dan Spanyol kalau adu penalti dengan Rusia.

Tim sepakbola yang sedang bertanding di turnamen atau liga, memiliki kemiripan dengan perusahaan/startup yang bertanding di industri yang kompetitif. Berikut adalah beberapa pelajaran yang bisa diambil hikmah dari tersingkirnya tim unggulan bagi perusahaan/startup:

#1 Pertandingan tidak bisa dimenangkan seorang diri, tapi tim

Argentina punya pemain yang sangat hebat di diri Messi, pada pertandingan melawan Prancis, Messi bermain lumayan hebat dengan sumbangan 2 assist. Portugal memiliki Ronaldo yang pada babak penyisihan menghasilkan 4 gol. Namun ini adalah pertandingan tim. Walaupun Argentina bisa mencetak 3 gol, namun karena kebobolan 4 gol, akhirnya tetap saja Argentina tersingkir.

Begitu juga dengan perusahaan / startup. Memiliki seorang marketer/ divisi penjualan yang hebat, yang bisa membawa banyak prospek proyek dan klien, namun tidak didukung oleh tim operasional yang mumpuni maka perusahaan tidak bisa memenangkan pertandingan. Memiliki seorang CTO atau tim tekni yang handal, namun tidak memiliki tim penjualan yang mampu menjual produk/jasa, juga tidak bisa membawa perusaaan bisa tumbuh berkembang.

#2 Gol adalah penentu yang sebenarnya

Spanyol bermain sangat dominan ketika melawan Rusia. Namun hasil akhir dalam waktu permainan normal akhirnya adalah 1–1 sehingga harus dilanjutkan ke pertandingan adu penalti yang akhirnya Spanyol kalah. Permainan yang dominan tidak akan menghasilkan kemenangan jika tidak diiringi dengan kemampuan mencetak gol.

Dalam konteks perusahaan, gol adalah penjualan. Punya produk yang hebat, punya tim yang kompak namun tidak ada penjualan yang terkonversi, tidak akan bisa memenangkan kompetisi.

#3 Jangan Mudah Putus Asa, Jangan Cepat Puas dan Bangga

Argentina sempat tertinggal 0–1 oleh gol penalti Griezmann. Setelah gol tersebut tampak raut muka gugup, takut, dan putus asa dari para pemain Argentina. Kemudian Angel Di Maria bisa menyamakan kedudukan dan bahkan unggul 2 -1 melalui gol Mercado wajah pemain Argentina berbalik menjadi puas dan bangga. Namun akhirnya pemain Prancis yang bisa menguasai mentalnya bisa kembali unggul 4–2.

Begitu juga dengan perusahaan. Ada pegawai yang resign, produk belum laku, kalah tender, kehabisan uang dan berbagai masalah lain jangan membuat anggota tim putus asa. Ada kesempatan untuk mendapatkan tim yang baru, ada kesempatan untuk memasarkan produk, ada banyak tender lain yang bisa diikuti.

Namun ketika sedang punya tim yang bagus, produk yang laku di pasaran dan menang tender, jangan cepat berpuas diri. Bisa jadi kompetitor berbalik mengalahkan. Jika pertandingan bola hanya berlangsung 90 menit, pertandingan antar perusahaan akan berlangsung seumur hidup bahkan lintas generasi.

#4 Ini hanyalah Pertandingan Hiburan

Pada akhirnya, piala dunia ini hanyalah hiburan. Kalah atau menang, pulang awal atau juara, tidak lebih untuk menjadi sarana hiburan bagi penikmat bola. Jangan sampai menjadi segalanya sehingga jika kalah dunia seperti kiamat dan jika juara adalah seperti mendapat surga.

Jika kalah masih ada pertandingan piala dunia 4 tahun lagi, persiapkan tim yang lebih baik agar 4 tahun lagi bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika juara, jangan jumawa, Jerman yang juara dunia tahun 2014 tidak bisa lolos dari penyisihan grup.

Begitu juga dengan perusahaan/startup/bisnis. Ini bukan segalanya dalam hidup. Jika sukses, jangan terlalu berbangga diri. Jika gagal, jangan terlalu kecewa. Masih ada kesempatan untuk berbenah dan masih ada kompetisi yang harus dihadapi.

Ada pelajaran lain yang rekan-rekan ambil hikmahnya dari pertandingan piala dunia 2018? Share di komentar ya.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store