Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Pra Matrikulasi Programmer 2018

Di usianya yang hampir sepuluh tahun, dengan 26 programmer yang terdaftar hingga akhir tahun 2017 ini, Javan masih terus berusaha menciptakan working experience yang ideal bagi seluruh tim. Salah satu yang menjadi fokus utama adalah masalah peningkatan skill programmer.

Mengawali tahun 2018 nanti, tim manajemen sudah merencanakan beberapa agenda untuk matrikulasi programmer, memastikan bahwa setiap programmer memiliki kemampuan dasar yang sama untuk mengarungi lautan proyek di bulan-bulan berikutnya. Salah satu rangkaian agendanya adalah mengadakan tes koding untuk mengetahui sejauh mana kemampuan programmer saat ini.

Tes Koding

Tes terdiri dari dua bagian: tertulis dan praktikum.

Pada tes tertulis, programmer diberikan soal-soal pendek seputar algoritma dan konsep-konsep dasar pemrograman. Jawaban ditulis tangan pada selembar kertas dengan mode offline (tidak boleh meminta bantuan apapun).

Pada tes praktikum, programmer diberikan soal-soal studi kasus yang cukup panjang dan membutuhkan pemahaman. Jawaban diwujudkan dalam bentuk source code sesuai bahasa pemrograman pilihan masing-masing, dengan mode online (boleh googling atau baca dokumentasi).

Waktu yang diberikan untuk masing-masing sesi adalah 1 jam, sehinggal total waktu tes adalah 2 jam.

Karena bertepatan dengan akhir tahun, dimana tim masih tersebar di beberapa tempat dengan proyek masing-masing, maka tes diadakan secara terpisah di tiga kota: Bandung, Jogja, Jakarta. Tim Jakarta terpaksa menunda tes hingga malam harinya karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan.

Berikut ini adalah gambaran singkat soal yang diberikan:

Soal Tertulis

  1. FIZZBUZZ
  2. Sum Number Tanpa Perulangan
  3. Sum Big Number
  4. OOP/SOLID
  5. Compare Version

Bobot nilai untuk masing-masing soal adalah:

  • 2 jika output dan algoritma benar,
  • 1 jika output benar tapi algoritma salah,
  • 0 jika tidak ada yang benar.
  • Nilai maksimal: 10

Soal Praktikum (Studi Kasus)

  1. Simulasi Training
  2. Antrian Prioritas
  3. Secret Box

Bobot nilai untuk masing-masing soal berkisar antara 0–5, tergantung solusi yang ditawarkan. Semakin OOP semakin besar nilainya. Nilai maksimal yang bisa didapat adalah 15.

Dengan demikian, nilai maksimal yang bisa didapat tiap programmer adalah 25.

Hasil

Berikut ini adalah hasil yang didapat tim Javan, diurutkan berdasar nama:

Hasil Pra-Matrikulasi Javan 2017

Statistik

Nilai

  • Rata-rata: 4,6
  • Di atas rata-rata: 10 orang
  • Di bawah rata-rata: 11 orang

Bahasa Pemrograman

  • PHP: 9
  • Java: 9
  • Kotlin: 1
  • Javascript: 1
  • C#: 1

Kota

  • Bandung: 10
  • Jakarta: 5
  • Jogja: 6

Temuan menarik lainnya adalah ketika ada soal-soal yang kami anggap cukup mudah untuk dikerjakan, ternyata masih banyak yang salah dari sisi logika pemrograman, contohnya adalah FIZZBUZZ (hampir separuh programmer salah meletakkan urutan if else) dan Sum Number Tanpa Perulangan (cuma 4 dari 21 orang yang menerapkan konsep rekursif).

Hasil ini tentu masih sangat mentah untuk ditarik kesimpulan, apalagi ini baru pertama kalinya diadakan di Javan. Kami masih perlu melihat rekam jejak tiap programmer selama ini dan menarik benang merahnya. Semoga hasil tes pra-matrikulasi ini bisa menjadi langkah awal untuk Tim Programmer yang lebih SOLID kedepannya.

The Biggest Room In The World Is Room For Improvement

Bagi yang ingin tahu detil soalnya seperti apa, atau sekedar ingin berdiskusi lebih lanjut tentang topik ini, silakan kirimkan email ke bayu.hendra@javan.co.id atau tinggalkan komentar di bawah.

🙂

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store