Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

sembuh dengan diri sendiri? kok bisa. Yuk simak caranya.

Siapa sih yang tidak punya masalah? Apalagi sampai mengganggu aktivitas kita dalam bekerja atau pun dalam aktivitas lainnya. Oke, sebenarnya self-healing itu sendiri apa sih? self-healing proses penyembuhan diri dari luka batin/lama. Cara ini dilakukan saat seseorang menyimpan luka batin yang secara tidak sadar telah mengganggu emosi nya. Self-healing ini bisa sebagai solusi untuk menyelesaikan akibat kelelahan emosi.

Rata-rata orang pernah mengalami kelelahan emosional berbagai bentuk. Seperti sedih karena kepergian orang tua, cemas sama masa depan, gagal, mengalami peristiwa yang tidak diinginkan, marah sama kesalahan diri sendiri, dsb. Di bawah ini merupakan beberapa cara untuk membantu menyembuhkan diri dengan cara sendiri:

  1. Me time

Dengan adanya me time ini kita bisa menambah kualitas diri kita sendiri. Me time ini untuk membuat seseorang lebih memanjakan dirinya dia sendiri, karena kita berhak untuk bahagia.

Dengan me time kamu jadi punya waktu untuk diri sendiri, dengan cara yang kamu suka. Dengan melakukan kegiatan ini kamu jadi tahu betapa berharganya waktu jika di nikmati sendiri, dan dari sini kamu juga bisa mengambil kesempatan buat menggali potensi diri kamu sendiri.

Dengan me time juga kita jadi merasa bahwa pusat dari hidup ini adalah diri kita sendiri. Orang lain hanya pelengkap kebahagiaan.

2. Berdialog dengan diri sendiri

Bicara lah pada diri sendiri tentang apa yang sebenarnya diinginkan. Cara ini lebih mengajarkan pada kita untuk jujur pada diri sendiri, lebih baik ketimbang melampiaskan perasaan buruk kita pada sesuatu. Karena yang mampu mengerti tentang kita adalah diri kita sendiri. Saatnya mulai memahami diri sendiri untuk bisa bersyukur atas apa yang hidup ini telah berikan.

Kata psikolog saya ketika seseorang sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja (dari segala apapun) maka berdialog degan diri sendirilah obat yang paling mujarab, karena di situ kamu jadi lebih tau tentang diri kamu. dan jadi belajar untuk self-love itu susah, hehe.

3. Berdamai dengan keadaan

Poin ini kurang lebih sama kayak hypnotherapy sih sepertinya, karena caranya sama-sama mengingat kembali peristiwa-peristiwa buruk yang masih membekas di hati, yang ketika dewasa sering kita tidak sadari. Karena penyakit mental milik semua orang, semua orang secara tidak sadar sebenarnya memiliki mental illness. Orang yang hatinya terluka sangat dalam tidak akan dengan mudah melupakannya. Namun, dengan selalu menyalahkan suatu keadaan pada saat itu, betapa lebih baiknya kita jika mencoba berdamai dengan keadaan. Menerima setiap keadaan yang datang pada diri kita, karena kita seperti guru kehidupan untuk diri kita sendiri.

Menjadi ikhlas memang sulit, tetapi ternyata kita itu terus dibiarkan maka lama-lama menjadi penyakit mental.

4. Mindfulness

Mindfullness adalah berfikir dengan kesadaran yang penuh. Mengelola pikiran, perasaan, dan lingkungan yang ada dalam pikiran kita. Mengartikan setiap peristiwa dan kejadian yang pernah kita alami dengan lebih sehat atau bijak dalam menyimpulkan suatu masalah lebih tepatnya mungkin lebih kepada berpikir positif. Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan self-compassion dan kebermaknaan dalam hidup.

Kegiatan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mencari tempat yang tenang, kemudian pejamkan mata. Fokus terhadap diri sendiri dan segala pikiran yang kita miliki. Dengan penuh kesadaran, cobalah untuk memahami setiap pergulatan emosi yang ada di dalam diri. Cara ini sepertinya tidak jauh seperti mengikuti kelas yoga.

5. Menulis ekspresif

Dengan menulis merupakan suatu penyelesaian masalah alternatif selain berdamai dengan keadaan. Karena dengan menulis kita dapat mengungkapkan perasaan yang sedang dialami hati saat itu atau saat ini. Menulis ekspresif dalam bentuk apa saja, semisal dengan menulis rangkuman kegiatan perhari atau bisa juga sekadar hanya mengungkapkan perasan kesal.

Kata psikologi saya, dengan menulis adalah cara terbaik dalam hal mengekspresikan suatu emosi. dan karena setiap orang adalah penyembuh terbaik bagi dirinya sendiri.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store