Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Tips Mengembangkan Diri

Saya yakin kita semua ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu-waktu. Ada kondisi lebih baik yang kita harapkan di masa depan. Karir lebih baik, keluarga lebih baik, keuangan lebih baik, skill lebih baik, dan semua hal yang lebih baik.

Bagaimana caranya?

Dulu ada yang namanya Isaac Newton. Beliau adalah penemu teori gravitasi yang menjadi landasan banyak perkembangan teknologi. Bagaimana dia menemukan teori gravitasi? Katanya ketika beliau sedang duduk di taman, ada apel jatuh. Lalu dia bertanya “kenapa apel jatuhnya ke bawah? Bukan ke atas?

Dulu ada Nabi Ibrahim AS. Beliau dikenal sebagai bapak tauhid. Beliau mempertanyakan apakah berhala ini patut disembah? Apakah tuhan yang selama ini disembah adalah tuhan yang sebenarnya?

Mulai dengan pertanyaan

Bertanya adalah langkah pertama untuk mengembangkan diri. Pertanyakan hal-hal yang belum kita bisa. Pertanyakan hal-hal yang kurang nyaman, kurang cepat, kurang canggih dan sebagainya.

“Gimana caranya membuat aplikasi android?”

“Gimana caranya membuat chat realtime di website?”

“Gimana caranya membangun sistem yang mampu menangani 1 juta pengguna dengan performansi tinggi?”

Dengan memiliki pertanyaan atau research question, kita akan punya tujuan. Dengan punya tujuan kita akan lebih mudah mencari jawabannya. Bisa mendapatkan keyword untuk digoogling, bisa punya topik pembicaraan untuk berdiskusi dengan orang yang lebih ahli, atau bisa tahu pelatihan/seminar/workshop apa yang harus diikuti.

Untuk hal teknis terkait dengan IT/software development/Startup, bisa dengan mengajukan pertanyaan di Berbageek.com, platform tanya jawab untuk mendorong tim JAVAN mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang muncul selama bekerja.

Berusaha Keras Mendapatkan Jawaban

Setelah punya pertanyaan, langkah selanjutnya adalah mendapatkan jawaban. Jangan berhenti sampai mendapatkan jawaban yang diharapkan. Jangan berhenti kalau belum merasa puas dengan solusi atas masalah yang dihadapi.

Bagaimana cara mendapatkan jawaban?

  1. Baca buku
  2. Cari di internet
  3. Diskusi dengan teman/partner/mentor
  4. Ikut workshop/training/seminar
  5. Posting pertanyaan di forum, kalau teknis IT, bisa coba posting di Berbageek.com.

Jangan Pernah Puas

Bersyukur harus, puas jangan. Sebagai manusia kita harus selalu bersyukur dengan apa yang kita capai dan miliki. Tetapi sebagai manusia, yang dibekali dengan akal dan nafsu, jangan pernah puas dengan capaian, dalam arti positif. Terus tingkatkan kebermanfaatan. Terus tingkatkan skill dan knowledge. Terus lewati rekor pribadi.

Sepakat dengan hal di atas? Atau ada masukan tips untuk menjadi pribadi yang lebih baik? Kita diskusi di kolom komentar ya.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Wisnu Manupraba

Wisnu Manupraba

Founder JAVAN & SyarQ.com. Like to Code, Love to Think, Curious with Problem Solving.