Javan Cipta Solusi
Published in

Javan Cipta Solusi

Ubah Pola Pikir Menunda Pekerjaan & Kebiasaan Sistem Kebut Semalam (SKS)

Masalah yang banyak dihadapi seseorang adalah kebiasaan menunda-nunda pekerjaannya baik itu pekerjaan di kantor atau di rumah atau tugas kuliah dan pekerjaan — pekerjaan lainnya. Sering kali kita menunda pekerjaan kita dan malah menghabiskan waktu untuk main game atau menonton acara favorit kita atau bermain media sosial berjam-jam.

Dan diri kita menghalalkan itu dengan berpikir “Saya kerjakan nanti, masih ada waktu lama atau deadline masih lama”. Kemudian saat deadline mendekati waktunya baru kita sibuk dan panik sehingga anda susah mengatur apa yang harus anda kerjakan. Karena semua pekerjaan jadi menumpuk kemudian anda menjadi stres yang berlebih yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan dan kebahagiaan anda.

Mungkin bagi anda yang suka menunda pekerjaan dan melakukan pekerjaan dengan Sistem Kebut Semalam (SKS) serta mendapatkan hasil yang baik-baik saja. Contoh seorang jenius di kuliahnya tidak pernah belajar, belajar saat mau ujian tapi mendapat hasil atau nilai A. Bayangkan jika anda mulai berbisnis kemudian anda menunda-nunda pekerjaan dalam bisnis tersebut. Apakah bisnis tersebut akan berjalan dengan lancar? Tentu tidak. Seorang jenius pun jika berbisnis dan menunda-nunda pekerjaan pasti akan mengalami kesulitan dan stres.

Lama kelamaan kamu akan menyesal dan sadar bahwa menunda-nunda pekerjaan adalah kebiasaan yang buruk dan harus dihilangkan. Tapi untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini sangat susah. Coba lah untuk mengubah pola pikir Anda dengan pola pikir sederhana-sederhana ini :

1. Waktu yang tepat untuk dikerjakan itu adalah “Sekarang”, bukan “Nanti”.

Kamu akan berkata “nanti” untuk mengerjakan pekerjaanmu, tapi ingatlah bahwa kata “nanti” yang kamu ucapkan itu entah kapan kamu akan mengerjakannya. Dan pada akhirnya akan berujung dengan pekerjaan yang tidak selesai dan menumpuk. Mulailah berpikir “Waktu yang tepat adalah sekarang, bukan nanti”.

2. Mencicil lebih baik daripada mengerjakan sekaligus di batas waktu nanti.

Berpikirlah bahwa mencicil pekerjaan itu membantu menyelesaikan pekerjaanmu, jangan berpikir bahwa mencicil itu tidak membantu progress-mu sama sekali. Justru lebih baik kamu mencicil agar tidak panik dan terburu-buru dalam mengerjakan pekerjaan apabila sudah di batas waktu pekerjaan tersebut. Dengan begini, otakmu akan berpikir pekerjaan besar dan sesulit apapun akan bisa terselesaikan.

3. Menunda pekerjaan akan memakan waktu lebih banyak daripada kamu menyelesaikan pekerjaanmu.

Jelas waktu yang dihabiskan untuk menunda pekerjaan bisa lebih besar dari waktu mengerjakan. Kenapa menunda pekerjaan bisa menghabiskan waktu lebih lama? bayangkan anda sedang punya waktu kosong sekarang tapi anda menundanya dan menonton drama atau bermain game, kemudian di esok harinya anda berpikir sama lagi “ah masih ada waktu nanti aja”. Kemudian besok gitu lagi hingga mepet batas waktu pengerjaan.

Jika anda mengerjakannya langsung mungkin tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan, sehingga kamu sadar bahwa pekerjaan ini bisa diselesaikan dengan cepat serta tidak akan memakan berhari-hari atau berminggu-minggu jika kamu tidak menunda pekerjaanmu.

4. Berpikir kapan anda akan memulai bukan kapan terakhir.

Anda perlu ubah pola pikir Anda dengan kapan anda akan memulai, bukan kapan terakhir pekerjaan atau tugas tersebut. Contoh : kita berpikir kapan terakhir tugas tersebut, maka kita nanti akan berpikir “deadline nya masih lama, santai aja dulu”.

Akan berbeda jika kita berpikir kapan kita akan mulai mengerjakan tugas atau pekerjaan tersebut. Contoh : aku akan mengerjakan tugas itu besok sore sehabis kuliah siang. Dengan begitu mindset anda akan berpikir positif untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kamu.

5. Masih banyak tugas atau pekerjaan yang menunggu dikerjakan.

Anda harus punya pola pikir masih ada pekerjaan lain yang menunggu untuk dikerjakan. Karena jika kita menunda pekerjaan yang bisa kita kerjakan sekarang, maka di kemudian hari kita mendapat pekerjaan baru, kemudian kita menundanya lagi maka tugas atau pekerjaan akan menumpuk. Beda jika kita berpikir bahwa masih ada tugas atau pekerjaan lain yang menunggu, sehingga harus mengerjakan atau mencicil pekerjaan yang ada.

Demikian beberapa pola pikir sederhana yang mungkin akan membantu anda dari kebiasaan buruk menunda –nunda pekerjaan. Semoga bermanfaat.

--

--

Business Process Optimization Partner. Contact us to help you optimize your business using technology.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store