Apa itu Industri 4.0 ?

Jeager
Jeager
Jul 23, 2018 · 3 min read

Teknologi menjadi bagian penting dalam hidup manusia mulai dari anak-anak hingga manula. Coba saja temukan barang-barang teknologi, didalam kamar Anda saja, maka tak butuh satu menit pasti menemukannya.

Ini artinya teknologi membawa pengaruh penting dalam kehidupan manusia mulai untuk kehidupan sehari-hari, bisnis hingga dunia hiburan. Bayangkan jika manusia hidup tanpa teknologi maka keterbatasan komunikasi, informasi dan transportasi menjadi masalah yang cukup menghancurkan sebuah negara.

Teknologi mampu mendukung usaha seseorang untuk memaksimalkan laba yang ingin didapatkannya. Adanya teknologi maka industri mampu memproduksi produk atau jasa lebih cepat, memiliki kualitas yang sama dan menekan biaya produksi. Inilah awal mula industry 4.0 mulai dikenal dalam masyarakat modern seperti sekarang.

Mengenal Lebih Dalam Industry 4.0
Dalam industry 4.0 teknologi menjadi poin utama dalam manufaktur tersebut. Istilah industry 4.0 sendiri mulai berkembang sejak Jerman menggunakannya untuk perusahaan yang mengedepankan teknologi
digital dalam setiap usahanya mulai dari penggunaan sensor, mesin atau robotic.

Menuju industry 4.0 maka Anda harus terbiasa dengan kecanggihan alat-alat produksi hingga minimnya penggunaan tenaga manusia dalam memproduksi produk atau menyediakan jasa. Adanya industri 4.0 untuk negara berkembang akan mampu memotong rantai suplai yang awalnya memakan banyak proses menjadi lebih sederhana. Bagi negara maju industry 4.0 akan mampu menciptakan produk atau jasa yang lebih baik dan berdaya saing secara internasional.

4 Kunci Dalam Industry 4.0
Ada alasan kenapa industry 4.0 dipergunakan sebagai sebutan untuk era dimana manufaktur mengedepankan lini produksi yang ditopang dengan internet dan kemampuan kecerdasan buatan.

Ada empat kunci utama dalam industry 4.0 yang sekaligus menjadi cirri khas dari industri ini sebagai berikut :

1. Informasi yang Transparan
Adanya industry 4.0 membuat informasi semakin transparan karena bisa diakses secara virtual. Tak hanya bisa diakses dalam satu wilayah saja namun melintasi waktu dan batas negara dengan akurasi yang lebih tepat dan dapat dipertanggung jawabkan. Sebagai contoh anda tak perlu menyebarkan sebuah polling atau survey langsung ke lapangan. Anda bahkan bisa mendapatkan responden sesuai criteria yang anda butuhkan hanya dengan melakukan polling atau survey online.

2. Keputusan Mandiri / Automation
Industri ini juga mendorong alat-alat canggih dapat memutuskan keputusannya sendiri tanpa harus tergantung dengan perintah manusia. Sebagai contoh kini Google telah mampu menciptakan self dring car yang disebut dengan Waymo. Waymo ialah mobil tanpa supir yang bisa mengantarkan anda kemanapun dengan aman dan nyaman.

3. Mesin dan Komputasi awan
Teknologi mendorong manusia dan mesin atau perangkat untuk berkomunikasi satu dengan lainnya tanpa khawatir jarak atau waktu melalui internet. Anda bisa mendapatkan informasi yang tepat dan akurat dimanapun anda berada.

4. Efisiensi
Adanya teknologi juga membantu untuk meringankan pekerjaan manusia yang memberatkannya. Berkat mesin-mesin yang canggih Anda tak direpotkan lagi untuk packing barang, mencetak produk, memprinting bahkan menyeleksi kualitas barang. Hal ini membuat manusia hanya fokus untuk pekerjaan penting dan terhindar dari pekerjaan berat seperti yang
membutuhkan kemampuan fisik dan menguras tenaga.

Keunggulan Industry 4.0
Adanya industry 4.0 akan mampu mendorong manusia untuk lebih meningkatkan kemampuannya baik dalam pengetahuan ataupun kreativitas. Kelebihan dari industry 4.0 ini juga berpengaruh dalam hal
meningkatkan penjualan produk maupun jasa. Menciptakan berbagai produk dengan biaya yang lebih rendah.

Image by manufacturingglobal

Jeager Manufacturing Solution

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial…

Jeager

Written by

Jeager

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial Internet of Things untuk bersaing di era Industri 4.0

Jeager Manufacturing Solution

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial Internet of Things untuk bersaing di era Industri 4.0 (www.jeager.io)

More From Medium

More on Manufacturing from Jeager Manufacturing Solution

More on Manufacturing from Jeager Manufacturing Solution

More on Manufacturing from Jeager Manufacturing Solution

Industri Indonesia Bidik 5,3% Capaian Pertumbuhan Tahun 2020

More on IoT from Jeager Manufacturing Solution

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade