Kembangkan Bisnis, ‘Jeager’ Terinspirasi Film Pasific Rim

Jeager
Jeager
Aug 27, 2018 · 3 min read

Jeager menargetkan menjadi leading Industrial IoT solution di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Jeager, sebuah startup internal PT Telkom Indonesia, fokus memperluas konsep industrial Internet of Things (IoT) dalam layanannnya. Konsep ini menghubungkan objek fisik yaitu mesin produksi ke internet, sehingga memungkinkan segala hal yang terjadi pada mesin dapat dirubah menjadi data sekaligus diakses melalui internet.

CTO (Brian), CEO (Ragil), CMO (Novita)

Menurut CEO Jeager Ragil Widharso, konsep perusahaannya dibutuhkan industri karena umumnya perbaikan mesin produksi dilakukan setelah masalah terjadi. Sehingga membuang waktu, energi, dan biaya.

“Kami juga terinspirasi dari robot Jeager yang ada di film Pacific Rim. Robot Jeager itu kan punya koneksi antara sistem fisik dengan siber, cyber-physical systems,” ujar Ragil dalam siaran persnya, Senin (27/8).

Ragil mengatakan, robot-robot di Film Pacific Rim berhasil menjamah industri buatan manusia dan menguasai teknologi. “Kurang lebih mimpi kami seperti itu. Untuk jangka panjang, kami menargetkan menjadi leading industrial IoT solution di Indonesia!” katanya.

Menurut Ragil, mesin produksi adalah aset berharga sebuah manufaktur. Semakin lama dibiarkan maka akan semakin bermasalah. Bahkan, kerugian pun semakin besar karena menghambat proses produksi. Di sinilah, Jeager bekerja sebagai upaya preventif kerusakan mesin dengan memberi informasi secara historis terkait dengan apa yang terjadi pada mesin. “Seolah-olah mesin berbicara kepada kita, sehingga penanganan bisa dilakukan tepat waktu,” katanya

Menurut dia, dengan perantaraan sensor, layanan Jeager mencatat kinerja mesin dan mengumpulkan data ke dalam cloud database dengan menjamin kerahasiaan. Selanjutnya, data secara otomatis dianalisa real time untuk ditampilkan dalam bentuk historis. Data ini divisualisasikan ke dalam dashboard yang bisa diakses dengan gawai apapun serta kapan saja dan di mana saja.

Dikatakan Ragil, dengan “berkomunikasi” kepada mesin produksi, maka dapat merawat mesin dengan cepat, tepat, dan antisipatif. Otomatis, umur mesin pun menjadi lebih awet dan membuat alokasi bujet perusahaan menjadi lebih maksimal, produktifitas meningkat, dan menciptakan potensi keuntungan. “Saat ini kami sudah punya tiga klien dari perusahaan besar yang menggunakan Jeager,” katanya.

Perusahaan tersebut, kata dia, bergerak di manufaktur bidang autoparts, makanan, dan kimia. Saat ini, pihaknya juga sedang menjalankan project solusi IoT untuk salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia.

“Di akhir tahun ini, Jeager menargetkan memiliki 10 klien, sehingga bisa mendapat dana tambahan dari investor,” katanya.

Jeager dikembangkan pria 29 tahun ini bersama dua koleganya sesama karyawan PT Telkom yakni Brian Pratama (24) dan Novita Rohmaningtyas (25). Brian bahkan sempat mendirikan IoT untuk pertanian serta sempat memenangkan Go Green In The City 2014 yang diselenggarakan Schneider Electric Indonesia di level Asia. Sementara Novita, yang satu almamater dengan Ragil, merupakan ahli bidang sistem informasi yang sebelumnya berkarir di salah satu bank swasta terbesar di Indonesia.

Jeager mulai ketiganya kembangkan tahun 2017 lalu setelah melihat konsep IoT kian diterima masyarakat Indonesia sekalipun masih relatif termasuk layanan baru di ranah teknologi informasi komunikasi.

Ragil, Brian, dan Novita mulai melakukan riset intensif tahun lalu dan akhirnya memutuskan masuk segmen manufaktur yang cocok untuk taget market Jeager. Sebab, mereka melihat peluang setelah Kementrian Perindustrian merilis dan menyiapkan peta jalan untuk industri di Indonesia.


Originally published at republika.co.id on August 27, 2018.

Jeager Manufacturing Solution

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial…

Jeager

Written by

Jeager

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial Internet of Things untuk bersaing di era Industri 4.0

Jeager Manufacturing Solution

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial Internet of Things untuk bersaing di era Industri 4.0 (www.jeager.io)

More From Medium

More on Iiot from Jeager Manufacturing Solution

More on Iiot from Jeager Manufacturing Solution

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade