Menteri Perindustrian Pacu Produksi Manufaktur Dengan Transformasi Industri 4.0

Jeager
Jeager
Nov 13, 2019 · 2 min read

Indonesia saat ini berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang memiliki daya saing global melalui gagasan industri 4.0. Hal inilah yang membuat Indonesia merencanakan suatu strategi dalam menghadapi industri 4.0 yaitu dengan meluncurkan Making Indonesia 4.0 sebagai sebuah peta jalan dan strategi Indonesia memasuki era digital yang tengah berjalan saat ini.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa “Dengan pemanfaatan teknologi industri 4.0, akan mendorong peningkatan produktivitas sektor industri secara lebih efisien. Hal ini karena telah terbangunnya konektivitas melalui teknologi digital. Misalnya, menggunakan internet of things atau artificial intelligence,” (sumber : http://kemenperin.go.id).

Meningkatkan produktivitas industri manufaktur guna memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga mengisi permintaan ekspor merupakan tekad kementerian perindustrian. Banyak cara dilakukan agar dapat merevitalisasi industri manufaktur yang ada di dalam negeri bisa konsisten sebagai sektor penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional.

Industri tekstil dan pakaian jadi saat ini merupakan sektor manufaktur yang mencatatkan pertumbuhan paling tinggi pada triwulan III tahun 2019 sebesar 15,08 persen. Capaian tersebut melampaui pertumbuhan ekonomi 5,02 persen di periode yang sama.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam siaran pers, Jumat (1/11) “Indonesia punya pasar yang sangat besar. Ini menjadi potensi untuk memacu produktivitas industri kita, sekaligus kita juga fokus mendorong daya saingnya agar bisa lebih kompetitif lagi di kancah global,” (sumber : http://kemenperin.go.id)

“Bahkan, kami juga meyakini, industri 4.0 akan dapat memunculkan pekerjaan baru yang cukup banyak, seperti teknisi atau tenaga ahli yang mengoperasikan teknologi digital tersebut. Apalagi, saat ini banyak aplikasi yang telah berkembang untuk mendukung dalam proses produksi,” tutur Agus. (sumber : http://kemenperin.go.id)

Jeager Manufacturing Solution

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial…

Jeager

Written by

Jeager

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial Internet of Things untuk bersaing di era Industri 4.0

Jeager Manufacturing Solution

Meningkatkan efektivitas produksi dengan Industrial Internet of Things untuk bersaing di era Industri 4.0 (www.jeager.io)

More From Medium

More on IoT from Jeager Manufacturing Solution

More on Iiot from Jeager Manufacturing Solution

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade