EURUSD (Feb 13, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readFeb 15, 2019

Forenote:
Open Position ini adalah OP lama yang saya catat sebagai catatan pembelajaran saya saja.

Analisa:

  1. Ekspektasi harga sudah mencapai ataupun hampir mencapai level retracement-nya yang menandakan selesainya Wave 4 TF H4, sehingga adanya potensi harga membentuk Wave 5 TF H4. Namun dari sini setelah semuanya berjalan barulah saya melihat bahwa masih akan lebih baik untuk memerhatikan big map dimana peluang pergerakan harga teratur bergerak lebih besar
  2. Harga hampir mencapai level Fibonacci Retracement 38.2%
  3. Harga mencapai Resisten TF H4 di 1.13333
  4. SL 10 pips di atas Resisten di 1.13433
  5. TP dengan memperkirakan Wave 1 TF H4 sama panjang dengan Wave 5 TF H4, karena Wave 3 TF H4 sudah mengalami pemanjangan (extension)

Risk Management

SL cukup ketat untuk mengikuti pergerakan big map saya lakukan dikarenakan pembentukan Wave 4 TF H4 terbilang terjadi dalam waktu cukup singkat dengan price movement cukup signifikan. Saya hanya memasang SL 10 pips di atas Resisten

The Real Open Position

Sell
1.13337

Stop Loss
1.13433 (risk 9.6 pips, sekitar 1% dari total akun)

Take Profit
1.12599 (73.8 pips, sepanjang Wave 1 — saya beranggapan bahwa saya tidak akan serakah dengan menargetkan penurunan Wave 3 hanya akan sepanjang Wave 1)

Reward/Risk Ratio
73.8 pips / 9.6 pips = 7.7x

Next Action

Setelah posisi ini saya selesaikan tidak sesuai target yang mana saya tutup di 1.12974 (+36.3 pips). Namun setelah saya melihat adanya peluang di TF lebih kecil yaitu di H1, maka saya melihat akibat saya tutup posisi tersebut, maka adanya peluang untuk menambahkan profit lainnya.

Analisa:

  1. Harga tampak sedang membentuk pola kenaikan kembali dengan adanya asumsi harga sudah menyelesaikan Wave 5 TF H4, maka Wave berikutnya adalah Wave A TF H4, yang mana terdiri dari 5 Wave Fractal kecilnya di TF H1. Maka saat ini saya mengasumsikan adalah calon pembentukan Wave 2 TF H1 (di dalam Wave A TF H4)
  2. Karena asumsi harga akan melanjutkan 5 Wave Fractal, maka saya memasang Buy
  3. Harga sudah retrace hampir seluruh level Fibonacci Retracement
  4. SL di bawah zona Demand di 1.12474
  5. TP dengan memperkirakan Wave 1 TF H1 sama panjang dengan Wave 3 TF H1, sehingga target di kisaran level 1.1297

The Real Open Position

Buy
1.12579

Stop Loss
1.12474(risk 10.5 pips, sekitar 1% dari total akun)

Take Profit
1.12970 (39.1 pips, )

Reward/Risk Ratio
39.1 pips / 10.5 pips = 3.7x

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain