EURUSD (Feb 20, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readFeb 20, 2019

Analisa

  1. Saat ini harga tampak sudah selesai membentuk Wave 4 TF Daily. Why? Jelas karena apabila Wave 2 Daily terkoreksi tajam, maka Wave 4 Daily cenderung tidak akan tajam (cenderung terkoreksi flat)
  2. Wave 4 Daily minimal sudah mencapai Fibonacci Retracement 38.2% Wave 3 Daily, sehingga diperkirakan peluang harga untuk menurun cukup kuat

Risk Management

Saya tetap menjaga posisi RRR (Reward-Risk Ratio) tetap di atas angka 1, sehingga risiko dengan hasil yang diharapkan minimal bisa impas. Untuk posisi kali ini, karena masih awal pembentukan Wave 5 Daily, maka saya langsung mengambil 2 posisi:

  1. Posisi pertama untuk di hold hingga akhir Wave 5 Daily
  2. Posisi kedua untuk di-trading-kan di Wave 1 s/d Wave 5 H4

Real Open Position

Sell
1.13477

Stop Loss
1.1368 (risk 20.3 pips, sekitar 2% dari total akun)

Take Profit
1.1145 (202.7 pips, target Fibo Extension 76.4; karena saat ini kondisi Wave 3 Daily tidka mengalami extension, sehingga peluang Wave 5 memendek pasti akan lebih besar dikarenakan Wave 3 tidak pernah menjadi yang terpendek)
1.1250 (97.7 pips, target Support Daily terdekat)

Reward/Risk Ratio
9.99x

Disclaimer

Update #1

Posisi untuk H4, terkenal SL+1 karena sudah sempat profit 25 pips dan harga berbalik kembali, sehingga saya mengamankan posisi terlebih dahulu. Sedangkan posisi satunya lagi saya masih hold dengan SL terbatas pula.

Update #2

Harga retest Support 1.13333 berulang kali yang tampak pada TF H4 dengan jelas, dimana harga belum cukup matang untuk menurun kembali, sehingga hingga pukul 12:00 malam, harga masih naik kembali walaupun sudah sempat +25 pips lebih.

Update #3

Setelah saya tutup posisi kedua yang di Update #2, lucunya harga langsung anjlok lagi ke bawah dan langsung turun 20 pips. Kesal, yes! Tapi saya lihat dengan turunnya kembali ini, harga justru menembus ke bawah 1.13333, yang mana ada potensi menurun lebih jauh.

Namun perlu diingat dengan saya menutup posisi Update #2, saya baru saja menabrak plan yang saya buat sendiri yaitu saya sudah OP dengan RRR yang sudah terukur namun saya sendiri tidak menjalankan plan tersebut, dimana seharusnya dilakukan sesuai plan.

Posisi ini akhirnya ditutup loss 30 pips, sedikit lebih besar daripada target SL biasanya.

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain