EURUSD (Feb 28, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readMar 1, 2019

Februari tentunya saya menyelesaikan bulan tersebut dengan trading yang meyakinkan, namun sejak tanggal 20 Februari, saya masih belum mendapatkan posisi yang bisa memberikan hasil positif signifikan, sampai dengan malam Kamis (28/2) tadi.

EURUSD with Trendline (Daily)

Analisa:

  1. Harga bertepatan mengenai trendline menurun harga kemarin
  2. Selain itu, di TF Daily, tampak harga membentuk pola W yang mana biasanya akan dilanjutkan dengan penurunan harga, dimana W terbentuk pola Bearish W yang jelas (LH & LL)
EURUSD TF H4
  1. Di TF H4, tampak harga juga membentuk pola W dengan pembentukan mirip Broadening Pattern, dimana diekspektasi akan adanya kenaikan volatilitas
  2. Tampak juga di saat ini harga mendekati beberapa titik krusial, yaitu: Fibonacci Retracement dari Wave sebelumnya sepanjang 61.8%, kemudian juga harga mendekati titik 1.14, di samping itu, ada zona Supply yang tampak kuat di level 1.14181

Risk Management
Saya tetapkan untuk mempertahankan risiko sebanyak 2% dari akun setiap posisi. Di posisi ini saya membuka kembali 2 posisi, namun dua posisi ini dengan dasar yang pertama tepat di dekat garis Fibo Retracement 61.8 dan yang kedua tepat dekat dengan zona Supply harga.

The Real Open Position

Sell
1.14151
1.14069

Stop Loss
1.14351 (risk 20 pips, sekitar 2% dari total akun)
1.14269 (risk 20 pips, sekitar 2% dari total akun)

Take Profit
1.130 (106.9 pips, target ke Key Level harga)
1.125 (165.1 pips, target mengambil Fake Out dari Key Level sebesar 50 pips)

Reward/Risk Ratio
5.35x & 8.36x

Setelah posisi +25, saya langsung mengamankan posisi supaya RISK FREE!

Disclaimer

Update #1
Saya menutup posisi ini seketika dikarenakan akan ada news di malam hari nanti pukul 22:00 tentang ISM Manufacturing Index yang mana saya ekspektasi akan ada penguatan harga terlebih dahulu sebelum melemah kembali.

EURUSD TF H4

Harga memantul dari garis trendline tersebut dengan kuat dari kisaran level 1.13532.

Update #2

Setelah saya coba merevisi trendline-nya dengan menghubungkan ujung harga pertama dengan body harga kedua, maka menghasilkan posisi OP di 28 Feb lalu tampak sangat tepat di pucuk harga. Kemudian tampak setelah saya mencoba menganalisa kembali, ada pucuk harga kedua yang bertepatan pada Fibonacci Retracement 61.8% yang juga dibarengi dengan Market Structure di titik 1.14086 yang tampak pada gambar berikut:

Market Structure di gambar zona

Struktur ini men-trigger harga untuk memantul menurun kembali.

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain