EURUSD (Feb 6–12, 2019) — Hedging

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
2 min readFeb 15, 2019

Forenote:
Open Position ini adalah OP lama yang saya catat sebagai catatan pembelajaran saya saja.

Analisa:

  1. Harga diperkirakan membentuk pola Wave-4 TF H4, namun ada 1 hal yang harus saya perhatikan ke depannya yaitu bahwa apabila Wave-3 TF H4 tidak mendapatkan perpanjangan di TF H4, maka peluang Wave-3 TF Daily di sini, akan cenderung tidak lebih panjang dari pada Wave-1 TF Daily
  2. Harga sudah mencapai 2 level utama yaitu:
    - Zona Demand di kisaran level 1.13784–1.13871 (zona Supply become Demand)
    - Garis Resistance become Support di high wick yang saya tandai di candlestick akhir Wave-1 TF Daily di level 1.13806
  3. Stop Loss hanya 20 pips di bawah titik entry
  4. Take Profit di target retracement Wave-4 TF H4 di 1.1418 dekat garis Fibonacci Retracement level 38.2%

Risk Management

Dikarenakan posisi ini adalah locking profit dan rentan akan terkena Stop Loss, maka yang saya lakukan adalah memberikan posisi Stop Loss yang cukup ketat. Saya memindahkan SL saya ke posisi + yaitu 1.1382 setelah harga naik 10 pips ke level 1.1391.

The Real Open Position

Buy
1.13810

Stop Loss
1.13610 (risk 20 pips, sekitar 2% dari total akun)

Take Profit
1.14180 (37 pips, sepanjang Wave 1 — saya beranggapan bahwa saya tidak akan serakah dengan menargetkan penurunan Wave 3 hanya akan sepanjang Wave 1)

Reward/Risk Ratio
37 pips / 20 pips = 13x

Setelah saya melakukan OP di atas, yang berakhir di posisi profit 1 pip, setelah saya memindahkan SL ketika harga mencapai floating profit 10 pips. Saya kembali masuk beberapa posisi Hedging berikutnya yang mana ketiganya berakhir rugi.

Saya berani melakukan buy sedemikian banyak dikarenakan adanya posisi floating profit lumayan dari posisi Sell disini yang mana masih bisa mengkompensasi kerugian tersebut.

Value

Menurut saya, akan lebih baik bila posisi locking profit dilakukan bila kita hendak meninggalkannya untuk waktu lama ataupun kalau tidak nyaman untuk ditinggal tidur. Hindari melakukan locking loss, karena itu adalah posisi yang membingungkan, berbeda dengan locking profit yang mana bila ditutup maka hasil profit cenderung tetap. Kalau locking loss akan lebih baik diganti dengan stop loss.

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain