GBPJPY (Oct 15, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
4 min readOct 15, 2019

Monthly

Analisa:

  1. Harga masih berada di deretan harga Bearish
  2. Membentuk Bearish W lanjutan
  3. Memantul dari Key Level @ 129.000, yang mana juga bertepatan dengan adanya garis tren
  4. Target retracement berada di kisaran level 144.000 s/d 144.500 yang mana bertepatan pada level FR 78.6 @ 144.100 dan juga level area Supply di kisaran level 144.500

Weekly

Analisa:

  1. Kenaikan di minggu lalu tampak telah mencapai target kenaikannya, dimana target kenaikan dari satu wave sebelumnya (wave dengan FR), sudah mencapai level 137.205. Kemudian bila diukur dari satu wave sebelumnya lagi, maka target kenaikan berada di kisaran level 137.800 (garis hitam kecil) yang mana juga sudah tercapai.
  2. Dengan telah tercapainya target harga mingguan, ditambah dengan adanya level zona Supply (kotak hijau dengan panah), maka ada peluang harga untuk retrace terlebih dahulu sebelum kembali melanjutkan pergerakan harga naiknya ke target selanjutnya.
  3. Adanya pola harga untuk menurun kembali ke level FR 61.8 s/d 78.6 setelah adanya kenaikan yang mencapai target, menjadi alasan utama mengapa saya meletakkan garis biru di kisaran level 134.664

Daily

Analisa:

  1. Saat ini harga tampak tidak menunjukkan pelanjutan kenaikan, melainkan menunjukkan adanya konsolidasi sementara ini (catatan: awal minggu ini ada libur di US, UK & JP)
  2. Tampak adanya level struktur pasar yang kuat di kisaran level 135.345 dimana berdekatan dengan kotak hijau kecil di sebelah kanan harga
  3. Saya akan cenderung untuk membeli di saat ini di kisaran harga di kotak tersebut

Rencana Trading

Buy
@ 135.425

SL
@135.15

TP
@138.5

RRR
11.2x

Disclaimer!

Updates

Setelah postingan ini saya buat, saya mencoba untuk mengambil retracement kecil dari pergerakan harga GBPJPY yang cukup volatil. Dimana apabila dilihat dari rencana saya untuk mengambil posisi, maka rencana tersebut terbulang adalah rencana yang lebih panjang dibandingkan dengan posisi yang saya ambil ini.

Saya akan mencoba mencatat analisa saya ketika hendak masuk posisi satu per satu dari yang paling bawah.

Setelah saya membuka posisi ini, malah posisi saya dengan sangat cepat terkena SL dan saya membiarkan posisi ini tertutup. Namun setelah saya ulik di TF lebih kecil di H1, saya melihat sesuatu, yang mana harga tepat memantul dari Order Block atau zona Supply, yang mana setelah pantulan baru saya masuk kembali.

Yang mana posisi ini sudah berada di arah yang benar, walaupun saya harus akui kalau dari posisi ini, saya memiliki ekspektasi terlalu tinggi yang mana membuat posisi yang sudah sempat mengalami keuntungan +- 100 pips menjadi hanya terkena SL+1. Namun kembali, saya mendapatkan pelajaran berharga bahwa di TF kecil dan pergerakan harga kecil, memang kita terkadang harus lebih tidak keras kepala dalam keyakinan kita agar bisa lebih menerima jumlah keuntungan yang sudah didapat.

Saya sangat bersyukur karena posisi saya “ditendang” di SL+1 karena pada malam harinya posisi naik lebih jauh. Dan saya pun tidak mau mengambil pusing, sebab keesokan harinya, saya malah mengambil inisiatif untuk masuk di TF lebih kecilnya hanya melanjutkan pergerakan harga sebelumnya yaitu naik. Maka saya dengan sederhananya menarik garis di close harga sebelumnya dengan SL ketat yaitu tidak sampai 20 pips.

Ternyata order saya ter-“trigger” dengan floating yang cukup tipis pula. Akhirnya saya pun menutup posisi tersebut di waktu yang tidak lama setelah pembukaan dikarenakan banyakan bisikan akan ketidakpastian akan pertemuan Brexit, dll. Satu hal yang saya pelajari adalah seharusnya saya lebih firm kepada pendirian saya dan menghindari noise yang ada.

Disclaimer!

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain