GBPUSD (Apr 1–5, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
4 min readApr 8, 2019

Minggu lalu merupakan minggu yang cukup bagus bagi performa trading saya, dimana kerugian di pekan terakhir bulan Maret berhasil ditutupi ditambah dengan keuntungan lebih. Berikut adalah hasil perdagangan saya:

Saya akhirnya kembali ke jalan yang benar dengan melakukan seminimal mungkin trading yang ada. Dengan hanya menyelesaikan 4 trade dan 1 floating trade.

Saya akan memberikan analisa trading saya secara runut dari analisa big map sampai keputusan trading yang saya lakukan.

  • Harga sempat tampak membentuk Bearish W Pattern, namun dikarenakan adanya kenaikan signifikan sejak Oct’16 s/d Apr’18, tampak tekanan penurunan melemah drastis. Ditambah lagi dengan kenaikan kembali harga dari koreksinya di bulan Nov’18 lalu
  • Dengan adanya koreksi harga yang diikuti dengan pemantulan kenaikan, maka ada peluang harga untuk naik kembali untuk membentuk pola W yang lebih besar dengan target di FR -61.8% yang bertepatan pada Mid Key Level (garis biru putus-putus) di 1.548
  • Koreksi yang telah terjadi sejak Apr’18 s/d Nov’18 lalu juga jelas dikarenkan adanya persinggungan harga dengan garis tren dari support sebelumnya di tahun 2012 s/d 2013
  • Saat ini tampak pola harga Mingguan membentuk pola M yang belum selesai, namun memang harus diakui bahwa pola M tidak wajib selesai pula, dalam artian kaki terakhir belum tentu harus memanjang, walaupun pola M seharusnya memanjang. Apabila kakinya tidak memanjang, maka peluang harga membentuk pola W terbuka
  • Diperkirakan harga bisa mencapai kisaran level 1.288 untuk perpanjangan kaki terakhir dari pola M ini, sebelum harga kembali melanjutkan kenaikannya lagi
  • Sebelum pola M di Mingguan selesai, maka pengukuran potensi ambil untung akan susah ditentukan
  • Masih sama dengan pola Mingguan dimana diperkirakan harga bisa membentuk pola M, namun belum selesai
  • Perkiraan terhalangnya penyelesaian pola M dikarenakan adanya garis tren yang kuagt yang menahan harga sejak awal Januari lalu dimana garis ini valid dikarenakan sudah tertahan 4x
  • Harga tampak menembus garis tren dengan signifikan dan ada percobaan harga untuk naik kembali namun gagal dan ditutup dekat dengan penutupannya mendekati pembukaannya membentuk candlestick Spinning Top
OP #1 & #2

OP #2

  • Melihat harga memantul dari FR 50%, maka saya mencoba melihat struktur pasar dekat di zona tersebut antara FR 50% s/d 61.8%
  • Saya temukan level 1.31494 menjadi titik yang pas untuk melakukan OP dengan harga tepat di dalam zona tersebut dan bersinggungan dengan banyak struktur pasar di sekitarnya, maka saya OP di 1.31485

Saya jabarkan OP #1 & OP#2 dari bawah:

  • OP ini sama dengan OP #2 yang mana merupakan hasil analisa di atas.
  • OP #1 adalah OP saya terburu-buru tanpa perhatikan Market Structure yang jelas sebelum melakukan OP
  • SL dari OP tersebut ada pada kisaran level 1.3195
OP #3
  • Nah, untuk OP ini seharusnya saya lebih memperhatikan market structure daripada hanya kepada garis tren dikarenakan seringnya harga menembus hanya wick saja
  • OP seharusnya di kisaran level 1.31845, saya lakukan OP pada 1.3164 (pada garis tren)
  • Posisi sempat profit 30 pips, namun dikarenakan slippage dari broker, maka saya terkena SL 1 pip, padahal posisi tersebut sudah saya amankan dengan SL +0.1
OP #4
  • Di posisi ini setelah harga sempat ditutup memantul menurun dari garis tren, saya melihat adanya peluang kembali harga untuk naik, maka saya melakukan PO terlebih dahulu
  • Saya OP di 1.31784 yang mana merupakan struktur pasar lainnya yang berpotensi menjadi titik pantulan berikutnya
  • SL saya disini ada di 1.3205 dengan TP di 1.288
  • Namun di sore hari saya melihat ada struktur pasar yang berpeluang untuk dipantul, maka saya menutup posisi saya ini dengan profit yang lumayan
TP OP #4

Yang terakhir adalah posisi saya yang masih dibuka hingga saat ini.

OP #5 (masih floating)
  • Setelah saya melihat adanya pola Flag dari harga yang terbentuk sejak akhir bulan dan harga menembus garis bawah flag tersebut, maka saya melihat adanya peluang harga melanjutkan penurunannya lagi
  • Lagi-lagi saya langsung mengambil kesimpulan untuk OP dari tempat yang kurang tepat yaitu garis tren, yang mana seharusnya saya mencari struktur pasar yang jelas dulu
  • Struktur pasar ada di 1.3118, sedangkan saya OP dengan memasang PO di 1.3098, selisih 20 pips

Harga di hari Jumat (5/4) sudah sempat +111 pips, namun saya tidak realisasikan dikarenakan ekspektasi harga menurun lebih jauh masih ada, sehingga pagi ini saya melihat harga sudah naik kembali namun berhasil memantul di FR 61.8%, namun saya masih belum jelas apakah harga mampu melanjutkan penurunannya lebih jauh.

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain