Trading Journal (Apr 15–19, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readApr 20, 2019

Minggu ini adalah minggu yang sangat sibuk bagiku. Ada banyak kelas pelatihan untuk masuk kerja nih. Tapi trading tetap jalan dong… Soalnya saya sekarang analisanya di akhir pekan dan pasang PO di hari Senin.

Ini adalah posisi yang saya tutup dan buka di pekan ini. Untuk yang EURUSD saya bahas singkat aja. Posisi ini memang saya sudah prediksikan akan turun, namun karena posisi ini saya buka agak terburu-buru alias di harga pasar dan karena antrian saya tidak kena di 1.133. Karena tidak PD sama posisi ini karena saya OP terburu-buru, maka setelah market berbalik kembali naik, saya tutup terlebih dahulu.

Kesal? Pasti, tapi buat apa? Toh kesal juga ga akan mengubah apa-apa. Jadi saya lanjutin ke pair lainnya.

Jelas yah tampak di kondisi chart bulanan, harga bergeraktampak terkoreksi naik, namun harga saat ini justru tampak sangat berpotensi menurun kembali lebih jauh. Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan harga saat ini sangat berkemungkinan menurun:

  1. Harga berada tepat pada Middle Key Level
  2. Harga tepat berada di bawah garis tren yang sudah dilewati sejak bulan Desember lalu
  3. Harga juga berada di dalam zona FR 61.8 s/d 78.6
  4. Harga saat ini berada di zona konsolidasi harga

Untuk yang Mingguan tampak jelas harga membentuk pola W, namun ini justru menampakkan bahwa kenaikan yang terjadi cenderung ‘terbatuk-batuk’.

Harga juga sudah mencapai target kenaikan di Minggu ke level 80.50 yang juga adalah Middle Key Level.

Di timeframe yang lebih kecil yaitu Daily, saya melihat harga juga berpotensi mencapai target kenaikan keduanya di level 161.8 yang mana berada di angka 80.57. Hal ini dikarenakan bila harga hanya mencapai 127.2, maka harga belum mencapai garis trennya sehingga ada potensi terjadi pelanjutan, sebab garis yang harus ditempuh adalah yang dari jangka waktu lebih panjang.

Nah, setelah saya mengulik harga di dalam area tujuan harga, akhirnya saya menemukan adanya titik harga yang kuat untuk dijadikan pantulan yaitu di kisaran level 80.674. Namun karena pertimbangan akan adanya kemungkinan spread dll, maka saya OP di 80.65 walaupun teryata harga sempat menuju ke level 80.718.

Trading Plan

Sell
80.65

SL
80.95

TP:
77.2

RRR:
11.5

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain