Trading Journal Apr 2 (Apr 8–12, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readApr 14, 2019

Tradingan saya saat minggu kedua di bulan April terbilang pada pair yang variatif, namun tetap saya menjaga risiko dengan tepat.

Saya akan mulai membahas GBPUSD terlebih dahulu. Saya menutup posisi pertama dengan hanya +1 pips, padahal posisi tersebut sempat +100 pips. Sayang sih, namun saya harus berbesar hati karena saya sudah mengikuti trading plan yang telah saya buat.

Ini posisi di hari Jumat (5/4), namun di hari Senin, harga berubah, yaitu harga naik cukup signifikan dan bahkan kembali ke atas harga penjualan saya.

Namun apabila kemarin saya cukup sabar untuk masuk di market structure, maka tidak terkena SL+ tadi, namun saya tidak memaksa masuk kembali. dan kemarin saya berpikir ada potensi pula harga kembali naik ke atas garis tren batasan pennant sebelumnya.

Nah, setelah candlestick berikutnya ditutup demikian, maka saya melihat adanya peluang harga untuk memantul dari garis tren menurun itu, dengan kembali menjaga risiko kembali. Lalu, saya melihat adanya peluang harga untuk memantul dari garis tren tersebut.

Titik berada di level 1.30328, namun saya membulatkan ke atas yaitu ke level 1.3034. Dan ini yang terjadi setelah beberapa jam.

Ini adalah kejadian setelah 32 jam, yang mana terdapat beberapa volatilitas, namun harga juga tidak mencapai garis tersebut. Dan saya sendiri tidak menggambar garis di atas tersebut ketika saya LIVE. Maka saya tidak menutup posisi tersebut dan saya membiarkan posisi tersebut hingga akhir pekan.

Awalnya sebelum adanya pantulan, saya sempat mengira harga berpeluang untuk menurun kembali mencapai garis tren yang di bawah tersebut dan awalnya saya hendak mencoba masuk di level 1.30515, namun setelah terbentuk candlestick biru tersebut saya melihat nampaknya garis tren yang saya gambar bisa jadi kurang landai.

Kemudian saya langsung mengubah garisnya menjadi seperti gambar ini dan menganggap harga di 6 April merupakan fakeout. Padahal saya sempat berencana untuk masuk kembali, namun terakhir saya tidak melakukannya. Di malam hari, harga kembali naik seperti gambar di bawah ini.

Setelah harga naik kembali dan saya melihat adanya peluang harga tidak mampu naik kembali setelah terjadi kenaikan pada candlestick berikutnya.

Setelah terjadi pemantulan, namun belum sedalam harga itu, maka saya melihat adanya peluang harga jatuh, maka saya take profit terlebih dahulu. Kemudian harga ditutup dekat pembukaan kembali.

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain