Trading Journal (Aug 19–23, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readAug 25, 2019

Minggu lalu saya kembali melakukan kesalahan yang cukup fatal menurut saya, yaitu saya tidak bertransaksi dengan perencanaan yang matang. Di sisi lain, saya juga merasa saya melakukan transaksi terlalu banyak, hingga 8 transaksi, mungkin bagi sebagian besar orang ini belum seberapa, namun ini terlalu banyak bagi saya.

Saya akan memfokuskan untuk membahas transaksi GBPJPY saja, dikarenakan USDCAD saya bertransaksi mengikuti mentor saya saja, jadi itu murni adalah mengikuti sinyal.

Dalam trade saya di GBPJPY, saya melihat ada dua sisi yang berbeda, dimana di sisi Daily & Weekly saya melihat harga masih membentuk retracement, namun di sisi H4 ada pola harga untuk melanjutkan kenaikannya. Sehingga di satu sisi saya melihat adanya peluang harga untuk melanjutkan penurunannya lebih jauh. Mari kita analisa.

Monthly

Target harga bulanan sudah tercapai di 127.800 yang mana tercapai di bulan ini dengan penurunan yang sempat cukup signifikan terjadi. Apabila ini merupakan bottom dari harga, maka ada peluang harga untuk koreksi ke kisaran level 143.500 yang mana masih berjarak 1423 pips dari posisi saat ini.

Weekly

Tampak target koreksi di bulanan berada pada kisaran daerah pada Key Level harga, namun saat ini grafik mingguan tampak harga membentuk doji yang mana tidak menunjukkan minat pelaku pasar yang signifikan namun tetap berada di atas Key Level pula. Sehingga di pola harga mingguan, saya melihat adanya potensi harga untuk naik kembali ke kisaran level 135.500 (623 pips) dari posisi saat ini. Apalagi diperkuat dengan adanya pola Bullish Candle di minggu lalu.

Daily

Dengan melihat adanya harga menurun kembali di hari Jumat, saya melihat adanya peluang untuk masuk ke posisi beli untuk mengambil retracement tren besarnya. Saya melihat peluang kenaikan masih akan berlanjut hingga titik retracement terdekatnya pula.

Saya menargetkan harga untuk bisa naik ke kisaran level 132.000 yang mana terdapat zone Supply yang membentuk pola DBD yang mana berpotensi menjadi titik henti harga selanjutnya.

Rencana

Buy
@129.015

SL
@128.715 (30 pips)

TP
@132.200 (318.5 pips)

RRR
10x

Disclaimer

Update #1

Awal pagi ketika harga sudah bergerak di bawah target beli tersebut, saya memilih untuk berdiam menunggu saja, namun setelah harga naik kembali ke atas titik OP saya, maka saya berinisiatif untuk mengantre terlebih dahulu. Awalnya saya mengantre hanya di kisaran level 129.000 yang mana 1.5 pips lebih rendah daripada rencana awal saya, namun akhirnya harga naik dan tidak mengenai order saya dengan selisih spread.

Setelah itu harga naik dan bergerak volatil, sebelum akhirnya saya mencoba masuk di antara garis tren naik H4 dengan pola Inverted H&S di H1, dengan tambahan sedikit spread. Hingga saat ini harga sudah sempat +60 pips, namun tampak harga melemah dan mendekati level SL+1 saya. Kita tunggu hasilnya nanti.

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain