Trading Journal (Jul 1–5, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readJul 7, 2019

Minggu ini terbilang saya cukup belajar banyak perihat pergerakan harga dimana saya melihat pergerakan harga yang cukup signifikan terjadi di minggu ini. Tentunya pergerakan ini tidak menguntungkan bagi saya dimana saya harus kehilangan banyak bagian dari keuntungan sementara yang telah saya dapatkan. Namun di sisi lain, saya malah belajar banyak hal.

Sebuah catatan, yaitu saya tidak masuk ke posisi yang sama di seluruh akun saya, sebab saya memiliki pertimbangan yaitu saya gunakan akun ini untuk belajar lebih banyak mengenai Scaling In & Scaling Out.

EURUSD

Jika dilihat dari kondisi harga di Daily, bisa dilihat bahwa ada zona Supply yang mana sudah gagal ditembus dan setiap ada percobaan menembus zona maka zona “dihormati” oleh harga. Sama halnya dengan kejadian harga di minggu lalu, dimana ada beberapa faktor bahwa harga seharusnya setelah mencapai target, maka saya boleh keluar terlebih dahulu, yaitu:

  1. Harga berada di dalam zona Supply dan tampak harga selalu menolak untuk masuk ke dalam zona
  2. Apabila diukur dengan FR -27.2, maka baik dari wave kedua sebelumnya dan wave terakhirnya, maka target berada di kisaran level 1.139 s/d 1.141 yang mana sudah tercapai pula

Namun saya tidak melakukan apapun dan akhirnya jumlah profit saya berkurang terbilang drastis pula, terlebih lagi banyak sentimen negatif bagi zona Eropa dan sentimen positif dari perbincangan perang dagang Amerika dan China.

MN

Ketika kita memperhatikan pola harga saay ini, tampak harga sedang melakukan retest terhadao kenaikan yang telah terjadi, yang mana ini merupakan hal yang wajar saja terjadi setelah adanya penembusan harga dari pola harga tertentu (dalam hal ini Falling Wedge).

Harga saat ini baru saja memantul dari level FR 61.8% sehingga wajar sekali apabila terjadi penurunan harga saat ini.

Weekly

DailyDi TF Mingguan, tampak harga saat ini sedang berusaha ditekan dengan adanya penurunan drastis di minggu lalu, sehingga saya melihat saat ini masih dalam tahap retracement. Saya melihat adanya confluence pada dua FR yang diletakkan pada wave yang berbeda.

Daily

Di Daily, malah kita lihat adanya perbedaan sedikit dimana harga sudah sempat menembus garis tren harga Hariannya namun masih berusaha bertahan di dalam zona harga target penurunannya.

Saat ini yang akan menjadi perhatian utama saya adalah kemampuan harga untuk naik kembali ke atas garis tren tersebut. Apabila harga mampu naik kembali, maka peluang kenaikan lanjutan akan kembali terbuka.

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain