Trading Journal (Jul 15–19, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readJul 21, 2019

Melihat minggu lalu, saya terbilang cukup sibuk dengan aktivitas sehari-hari saya, sehingga setelah saya menutup posisi saya yang masih terbuka minggu lalu, saya masih sabar menunggu momen untuk masuk kembali.

Open Position

Saat ini tidak ada posisi apapun yang terbuka, namun hanya sebuah pending order saja.

Saya akan mencoba melakukan analisa untuk pair pilihan saya di minggu depan, yaitu GBPJPY dan akan saya coba dengan menambahkan EURUSD.

GBPJPY

MN

Analisa:

  1. Harga masih di dalam gelombang menurun secara bulanan dengan target harga membentuk Double Bottom
  2. Target Double Bottom berada di kisaran level 132.5 yang mana berdekatan bahkan berpotongan dengan garis tren yang sudah terbentuk sejak beberapa waktu lalu

WK

Analisa:

  1. Pergerakan harga mingguan sudah mencapai level target harga penurunan mingguan di kisaran level 134.2
  2. Deret harga masih menunjukkan belum adanya peluang pembalikan harga untuk naik kembali sementara waktu ini

Daily

Analisa:

  1. Tampak harga membentuk pola Descending Triangle
  2. Harga sudah menembus ke bawah pola ini, namun tampak adanya peluang harga terkoreksi naik menuju Dasar pola ini sebelum kembali melanjutkan penurunannya.
  3. Target penurunan pola ini akan berpeluang menuju ke kisaran level 133.2
  4. Saya berencana membuka posisi jual di kisaran level 135.5

Rencana:

Sell
135.5

Stop Loss
135.95 (risk 45 pips)

Take Profit
133.2 (reward 230 pips)

Reward/Risk Ratio
5.11x

EURUSD

MN

Analisa:

  1. Harga tampak sudah menembus ke atas pola Falling Wedge-nya dengan signifikan
  2. Kemudian diikuti harga menurun kembali dan tampak berpeluang untuk jatuh hingga garis tren yang telah terbentuk tadi
  3. Target penurunan berada pada level garis tersebut yang bersingggungan dengan FR 78.6% yaitu di kisaran level 1.1180 s/d 1.1220

WK

Analisa:

  1. Tampak target harga juga berada di kisaran level 1.1150 s/d 1.1180
  2. Saat ini harga juga belum membentuk pola penurunan yang signifikan yang bisa mengubah arah pergerakan harga
  3. Apabila harga menurun mengenai level garis tren dan memantul tepat di atasnya pun, maka tampak harga masih belum menembus batasan bawah harganya, sehingga tren naik masih valid terjadi

Daily

Analisa:

  1. Saat ini tampak harga belum pula ada menembus batasan bawah harganya, sehingga saya masih memiliki pandangan bullish
  2. Di sisi lain, bila harga kembali menurun mencapai level garis tren tersebut, maka ada pula indikasi bahwa harga bisa melanjutkan tren menurun
  3. Namun perlu di catat bahwa pergerakan harga mingguan akan masih lebih dominan daripada harga harian, terlebih lagi garis tren merupakan garis yang kuat pula

Rencana:

Buy
@1.11685

SL
@1.11385 (Risk 30 pips)

TP
@1.145 (Reward 281 pips)

RRR
9.3x

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain