Trading Journal (July 22–26, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
2 min readJul 28, 2019

Minggu ini terbilang minggu yang cukup sibuk, dimana saya harus keluar kota untuk melakukan kewajiban dinas saya. Memang berangkatnya dimulai dihari Jumat, namun persiapan menjelang akhir pekannya terbilang cukup banyak pula.

Satu hal penting yang saya pelajari di minggu ini adalah “Apapun yang terjadi pada harga, tetap lakukan sesuai rencana dengan kembali berpaku pada pergerakan harga lebih besar sebelum menganalisa pergerakan harga kecilnya”.

Saya akan lebih banyak membahas GBPJPY terlebih dahulu.

Di awal minggu saya sempat menandai bahwa saya akan melakukan OP di harga 135.495, namun beberapa jam setelahnya harga tidak kunjung mencapai level tersebut dan malah harga menunjukkan pelemahan. Sehingga dengan melihat adanya pergerakan harga yang mencoba naik dengan pembentukan pola kenaikan harga (uptrend series), maka saya melihat adanya peluang kenaikan harga.

Namun memang di satu sisi saya melihat adanya pola harga Broadening yang tampak ditembus, sehingga saya membuka posisi di kisaran harga 134.915 tersebut. Dan beberapa jam setelahnya harga pun naik dan mencapai level 135.68, namun saya malah lupa melihat pergerakan harga lebih besarnya yang mana saat itu malah menyelesaikan pola Bearish Flag-nya, sehingga ketika harga telah mencapai target OP yang saya lakukan, malah saya tidak menutup posisi maupun membuka posisi Sell baru.

Yang seharusnya bisa saya lakukan:

  1. Menutup posisi Buy saya dan membuka posisi Sell baru
  2. Membiarkan posisi Buy saya dan membuka posisi Sell baru dengan merencanakan memasang posisi SL+1 pada kedua posisi, sehingga dengan pergerakan signifikan ke satu arah akan men-trigger penutupan salah satu posisi dengan jumlah keuntungan lebih sedikit namun terproteksi

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain