Trading Journal (Jun 24–28, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readJul 3, 2019

Minggu lalu bisa terbilang minggu yang sangat sibuk bagi saya, dikarenakan banyaknya penyesuaian saya terhadap lingkungan kerja baru saya. Namun di sisi lain, ini adalah masa dimana teknik yang saya pakai bisa mengalami masa uji coba yaitu uji coba terhadap eksposur risiko pasar.

Posisi saya sama sekali tidak ada perubahan terhadap minggu lalu, hanya saja sedikit berkurang dibandingkan dengan posisi profit minggu lalu. Mari kita analisa apa yang berpotensi terjadi di minggu ini.

EURUSD

Mari kita mulai dengan analisa EURUSD terlebih dahulu.

Mn

Saya melihat kondisi pasangan mata uang ini masih cukup solid untuk dikatakan baru saja menembus batasan atas harganya dari pola Falling Wedge yang telah terjadi, sehingga saya melihat ini adalah posisi yang sangat solid dimana terjadi penutupan di waktu Bulanan. Namun di sisi lain, saya melihat adanya potensi harga untuk kembali terlebih dahulu ke level 1.13 sebelum naik kembali.

Target di bulanan adalah di kisaran level 1.142 yang mana hampir tercapai namun belum tersentuh.

Wk

Sama dengan pandangan di Bulanan, di Mingguan juga tampak ada peluang harga terkoreksi terlebih dahulu ke kisaran level 1.13 sebelum kembali melanjutkan penguatannya. Diperkirakan di hari Senin ini akan sarat akan volatilitas mengingat adanya banyak data ekonomi yang akan dirilis serta adanya rapat G-20 pula.

Daily

Tidak jauh berbeda pula di Daily, tampak harga berpotensi ke kisaran level 1.13, namun di sisi lain, perlu diperhatikan bahwa adanya struktur pasar kuat di kisaran level 1.133 maka ada potensi pula harga untuk bisa memantul dari kisaran level tersebut.

GBPUSD

MN

Melihat pergerakan Bulanan, tidak ada perubahan signifikan, dimana saya masih melihat potensi harga untuk melanjutkan ke kisaran level 1.348 masih terbuka walaupun terbilang cukup berat, namun dengan adanya pantulan kuat dari garis tren, tampaknya langsung terjadi keseimbangan antara penjual dan pembeli.

Wk

Saat ini terlihat harga juga sudah sempat naik mencapai level 1.278 sehingga harga menurun kembali terlebih dahulu adalah hal wajar. Namun saya melihat penurunan ini juga tidak akan jauh dimana saya menargetkan harga ke kisaran level 1.265 sebelum naik kembali.

Daily

Saya melihat harga akan sangat berpeluang untuk naik kembali ke atas level 1.28 dikarenakan adanya penembusan batasan atas harga terakhirnya sehingga menciptakan pola kenaikan harga, namun ini masih sangat bergantung kepada penguatan lanjutannya nanti.

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain