Trading Journal (May 13–17, 2019) — Part 1

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
4 min readMay 16, 2019

Minggu ini tampak trading-an saya masih agak kacau. Dan menurut saya ini dikarenakan terlalu terpecahnya fokus pair yang saya lakukan dibandingkan minggu-minggu sebelumnya.

Bisa dilihat dari Trade List yang saya lakukan dimana terdapat 4 pair yang berbeda dengan hasil yang kurang maksimal. Ada beberapa hal yang bisa dipelajari disini:

  1. Ketika di akhir minggu, akan lebih baik apabila kita melakukan OP tidak memaksakan diri pada terlalu banyak jenis pair. Cukup 1–2 pair saja yang menjadi fokus, dikarenakan harga pasti akan bergerak baik secara masif maupun kecil
  2. Apabila harga mencapai suatu garis tertentu dan berbalik, akan lebih baik apabila menutup posisi terlebih dahulu ataupun melakukan hedging untuk menghindari hilangnya keuntungan yang telah ada. Contoh jelas pada posisi EURUSD yang terbuka dimana posisi yang sudah +80 pips menjadi hanya 33 pips
  3. Akan lebih baik untuk menjaga jumlah lot dalam jumlah yang kecil dengan tujuan agar risiko tetap terjaga rapih

GBPJPY

Daily

Pada saat melihat posisi ini terbentuk, saya mengira bahwa target harga menurun dari leg sebelumnya (wave naik) dan dua leg sebelumnya (wave turun) telah mencapai target FR-61.8 yang mana berada di kisaran level 141.75 s/d 142.1, di samping itu, saya melihat adanya garis tren terbalik dari penurunan sebelumnya yang ternyata tidak menunjukkan validitas yang begitu kuat, namun saya ‘paksakan’ untuk masuk di saat itu di area harga tersebut.

H4

Disini saya memprediksikan harga akan memantul pada garis tersebut:

Prediksi ini muncul setelah melihat adanya harga memantul di hari Jumat dimana setelah pemantulan harga bergerak sideways, sehingga saya melihat adanya potensi pelemahan tekanan menurun dari harga ini. Namun ternyata harga gagal bertahan dan menembus ke bawah dengan kuat, sehingga setelah saya melihat kembali, maka garis yang harusnya benar adalah:

Disini jelas, saya melihat adanya perbedaan yang jelas dari cara penarikan garis yang telah saya lakukan, di samping itu, tampak harga juga beberapa kali retest harga untuk menembus naik garis tersebut namun gagal, sehingga ini bisa menjadi indikasi awal yang seharusnya saya eksekusi dalam bentuk Sell.

Setelah itu, ada lanjutan Sell yaitu penentuan Take Profit penurunannya yaitu demikian:

Hal ini tampak bahwa target penurunan bisa di antara 141.613 s/d 141.962 yang mana juga terdapat Key Level harganya di area tersebut. Dan setelahnya harga turun ke kisaran level 141.208, hal ini jelas menjadi titik balik harganya di saat itu dikarenakan adanya area pemantulan harga.

Setelah harga mencapai daerah itu, bisa pula ditambahkan dengan posisi sell selanjutnya di kisaran level FR 50% s/d 78.6%, seperti ini. Namun bila dibedah lebih dalam, terdapat zona harga kuat di kisaran level 142.171 s/d 142.302.

H4 Zone
M30 Zone

Disini jelas bisa dilihat bahwa ada dua titik yang berdekatan selain adanya zona tersebut dengan keberadaan candlestick Shooting Star yang ada pula kebetulan lainnya yaitu, zona tersebut berada di dalam FR 50% yang ada di sebelah kiri, kemudian ada FR lainnya yang menargetkan kenaikan di 161.8% tepat pada titik yang sama, sehingga OP bisa dilakukan di area tersebut yaitu 142.169 s/d 142.225.

Apabila posisi tersebut dibuka maka target penurunan berikutnya adalah 140.607 s/d 140.8. Setelah penurunan terhadi, saya melihat di hari Kamis (16/5), terdapat keseruan dimana low yang terjadi dengan low sehari sebelumnya persis di angka yang sama, sehingga saya memprediksikan adanya peluang harga untuk membentuk pola W.

Disini saya membuka posisi langsung dan hanya menjaga risiko yang bisa terjadi yaitu penurunan lanjutan dikarenakan OP ini tidak memiliki konfirmasi pembalikan yang sudah terjadi, sehingga satu-satunya cara yaitu melindungi akun dari risiko yang bisa terjadi. Target kenaikan harga berada di 141.723 s/d 141.75 yang merupakan Key Level harga.

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain