Trading Journal (May 27–31, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readJun 2, 2019

Minggu lalu tampak trading-nya sedikit lebih menarik dengan berfokus kepada pair yang lebih sedikit yaitu di GBPJPY dan juga EURUSD.

Saya akan mulai dengan pembahasan di GBPJPY dimana pada trade ini saya berusaha untuk mengambil posisi harga di bawah alias pucukan, namun ternyata cukup gagal dan menggemaskan. Dimana dua posisi di tanggal 29 Mei seharusnya saya amankan dengan memberikan lock +1, namun posisi yang bawah justru tidak saya kunci dan saya biarkan yang akhirnya menyebabkan loss yang cukup dalam pula.

Satu hal yang menurut saya salah yaitu saya terlalu memaksakan posisi di mana harga menunjukkan tren menurun yang jelas dan memaksakan masuk posisi supaya saya bisa mendapatkan posisi paling pucuk. Namun ini dilakukan dengan dasar yang kurang kuat yaitu analisa hanya di TF kecil, kemudian position sizing yang kurang pas mengingat GBPJPY cenderung volatil pula. Terlebih lagi adanya ketidakpastian dari isu Brexit hingga terpilihnya PM Britania Raya yang baru, sehingga tidak heran JPY menjadi pilihan.

Saya akan membahas lebih jauh tentang EURUSD.

EURUSD

MN

  • Tampak jelas harga saat ini tengah melakukan retest pada level target penurunan (previous leg) dari koreksi naik sebelumnya
  • Namun di sisi lain, juga tampak harga menunjukkan pelemahan momentum penurunan dengan kemunculan pola harga berbentuk Falling Wedge yang mana menunjukkan penurunan tekanan menurun dari harga saat ini
  • Penambahan posisi bisa dilakukan ketika harga berhasil menembus ke atas counter line dari pola tersebut

Weekly

  • Adanya potensi harga membentuk pola W dengan diawali oleh adanya Double Bottom dimana tampak harga sudah ketiga kalinya retest di level yang hampur sama yaitu 1.112 (Weekly Target)
  • Di sisi lain, saya melihat apabila harga benar melanjutkan kenaikannya, maka saya memperkirakan harga akan naik ke level 1.138 yang merupakan target harga di kisaran FR 127.2%. Sebelum akhirnya retrace kembali untuk naik lagi
  • Di sisi lain, retest juga terjadi pada trendline di bawah sejak 2017 lalu

Daily

  • Saya melihat saat ini penurunan agak tertahan, namun perlu diperhatikan bahwa saat ini harga tertahan di TF kecil yaitu di H4
  • Namun di D1, tampak harga berpotensi untuk naik kembali ke kisaran level 1.122 yang merupakan target terdekatnya
  • Kami melihat peluang harga untuk naik akan sangat besar pula

Posisi ini sempat saya ambil namun karena ter-trigger SL+, akhirnya posisi ini saya keluar. Saya akan mencoba mencari posisi yang lebih baik di TF H4 nantinya tergantung kepada Price Action yang terjadi.

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain