Trading Journal (Sep 16–22, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
2 min readSep 26, 2019

Dengan kesibukan belakangan ini, hari ini saya baru sempat untuk mencatat lagi. Terbilang telat, namun saya belajar banyak dari serentetan kesibukan yang ada ini.

Saat ini saya memiliki dua posisi terbuka, dimana posisi ini adalah posisi yang sudah saya buka sejak minggu lalu. Saya akan coba berbagi analisa yang saya buat. Memang analisa ini bertentangan dengan analisa minggu lalu: GBPJPY (Sep 18, 2019). Namun dari sini saya belajar sesuatu yang menurut saya berharga.

OP 20 Sept 2019

Weekly

Tampak harga mingguan membentuk pola “natural W” dimana harga membentuk “Double Bottom” kemudian melanjutkan kenaikannya sebelum turun kembali. Dimana apabila diperhatikan, target pola “Double Bottom” ada di kisaran level 134.800. Sedangkan bila kita lihat kembali dari FR, maka target retracement ke FR 78.6 ada di kisaran level 135.386.

Daily

Masih menggunakan FR yang sama, saya melihat di pola harga Harian, maka saya melihat sesuatu yang sedikit berbeda namun saya harus coba banyak mengingat apa yang telah disampaikan mentor saya. Bahwa apabila harga masuk kembali ke dalam zona konsolidasi, maka ada peluang harga untuk masuk hingga ujung konsolidasi.

Jika diperhatikan garis biru putus-putus tersebut menunjukkan zona konsolidasi dan harga masuk ke dalamnya. Terlebih lagi sisi atas zona tersebut merupakan struktur pasar harga sebelum penurunan di bulan Juli silam.

Di pinggir atas zona tersebut pula bertepatan adanya himpitan FR78.6 yang mana menjadi kebetulan berikutnya. Maka memang seharusnya itu merupakan zona yang bagus untuk diperhatikan. Namun setelah beberapa kali percobaan entry yang kacau, akhirnya saya memilih menunggu harga menurun terlebih dahulu sebelum akhirnya masuk.

Setelah masuk dan harga menurun, ada hal berikutnya yang membuat saya cukup percaya diri untuk menambah posisi di tanggal 24 Sept 2019.

OP 24 Sept 2019

Saya sempat masuk dua kali di bawah zona konsolidasi tersebut sebelum akhirnya saya masuk satu posisi di dekat pinggir atas zona konsolidasi tersebut. Sebelum akhirnya dilanjutkan penurunan harga yang lebih jauh pula.

Mari kita tunggu dan kita lihat apa yang akan terjadi hingga besok.

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain