Kabar Informatika
Published in

Kabar Informatika

Ini Dia 3 Inovasi Teknologi dalam Olahraga

Jangankan kedalam tubuh, chip disematkan dalam otak manusia juga bisa lho. Teknologi ini sering disebut dengan microchip implant. Pokoknya teknologi itu canggih. Tapi saya tidak akan membahas itu. Saya ajak Anda untuk mengintip 3 invoasi teknologi yang berhasil disematkan dalam cabang olahraga.

Kita mulai dari sepak bola. Medan laga hijau biasanya dikelilingi papan reklame. Bila kita menyaksikan liga tingkat dunia, papan reklame telah beralih dari gambar statis menjadi digital. Bisa berubah setiap lima detik. Tampak teknologi ini biasa saja, di beberapa sudut kota Yogyakarta juga bisa Anda saksikan papan reklame baliho beralih menjadi digital. Namun bila kita hubungkan dengan business, entertainment dan marketing, maka digitalisasi reklame pada lapangan hijau ini menjadi istimewa. Bayangkan, siaran sepak bola tersebar ke seluruh belahan dunia melalui berbagai saluran televisi digital. Papan reklame digital, bisa diatur sedemikan rupa sehingga reklame yang muncul di Indonesia bisa jadi berbeda dengan Malaysia. Semua bisa diatur sesuai dengan market segmentation.

source https://www.radatime.co.id/

Beralih ke olah raga Lari. Hadirnya teknologi smartwatch, memungkikan aktifitas olahraga direkam setiap detik. Smartwatch merupakan invoasi teknologi jam tangan yang disematkan berbagai macam sensor kedalamnya. Beberapa vendor mem-bundling secara lengkap sensor GPS, HRM (Heart Rate Monitoring), Candence (perputaran kaki) dan SPO2. Tentu harganya sedikit mahal. Namun beberapa tipe jam, menyediakan fitur-fitur dengan harga lebih murah sesuai dengan jenis olahraganya. Smartwatch dapat dihubungkan dengan Smartphone. Setelah datanya berhasil masuk kedalam Smartphone berikutnya dapat dilakukan berbagai macam analisis sesuai kebutuhan.

Saya termasuk orang dalam berolahraga dan sangat terbantu dengan hadirnya invoasi smartwatch. Dengan cara merekam aktifitas olahraga, saya dapat mengukur kemampuan diri. Saya mendapatkan insight dari data, kapan harus menambah power, kapan harus istirahat, atau kapan harus recovery. Smartwatch dapat digunakan untuk berbagai macam olahraga kardio seperti lari, bersepeda atau workout.

Inovasi teknologi pada cabang olahraga Badminton juga tak pernah ketinggalan. Berbagai kamera canggih diletakkan disekeliling arena pertandingan. Semua terhubung dalam komputer pusat. Lagi-lagi, data rekaman sangat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas atlet dan permainannya. Berbagai macam informasi bisa digali seperti shuttlecock jatuh didalam atau diluar garis. Raket sang atlet menyentuh net atau tidak. Berapa km/h kecepatan shuttlecock saat Atlet melakukan smash.

Bila atlet menggunakan beberapa kombinasi sensor, tidak menutup kemungkinan bisa dianalisis berapa besar power yang dikeluarkan atlet untuk melakukan jump smash. Berapa kalori yang dibakar selama kompetisi, dan berapa kalori makanan yang harus dikonsumsi demi menjaga performa.

Kamu mau request topik untuk di ulas? tinggalkan di kolom komentar.

Dengarkan juga ulasan ini melalui spotify, klik https://open.spotify.com/show/4QbWKHCMZiIGY3yJamPLaP

--

--

Bacaan bagus seputar invoasi Teknologi Informasi, dikelola secara resmi oleh program studi informatika Universitas Amikom Yogyakarta

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store